Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Okt 2018 18:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bangunan Landmark Spanyol Ternyata Ilegal Selama 136 Tahun

Bona
detikTravel
Segrada Familia, bangunan ikonik Spanyol(PASCAL GUYOT/AFP/Getty Images)
Barcelona - Sagrada Familia adalah bangunan ikonik Spanyol. Tapi ternyata bangunan ini ilegal selama 136 tahun.

Spanyol memang kaya dengan bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya Sagrada Familia. Sagrada Familia adalah gereja ikonik Barcelona yang berumur ratusan tahun.

Sagrada Familia berumur 136 tahun. Setelah melalui banyak proses, akhirnya gereja bersejarah ini resmi memiliki surat bangunan legal dari dewan kota, seperti yang diintip detikTravel dari CNN, Jumat (26/10/2018).

Bangunan ikonik ini telah resmi dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya DUnia UNESCO pada November 2010. Wisatawan yang datang ke Spanyol https://www.detik.com/tag/spanyol pasti berkunjung ke gereja cantik ini.

Telah resmi dengan izin pembangunan legal, gereja ini akan membayar 36 juta Euro sekitar Rp 623 miliar. Uang tersebut akan digunakan untuk membiayai proyek pembangunan gereja. Pembangunan gereja kini telah memasuki tahap akhir konstruksi.

Sebelum resmi dinyatakan legal, pembangunan gereja Sagrada Familia hanya mengandalkan sumbangan pribadi. Hal ini pun sempat tersendat karena adanya perang saudara di Spanyol.

Selanjutnya, 22 juta Euro atau sekitar Rp 383 miliar dari anggaran akan digunakan untuk meningkatkan insfrastruktur transportasi wilayah setempat. Lalu 7 juta Euro atau sekitar Rp 122 miliar akan digunakan untuk meningkatkan sistem metro.

Sejumlah 4 juta Euro atau sekitar Rp 69 miliar, untuk perombakan jalan. Dan 3 juta Euro atau sekitar Rp52 miliar, untuk pemeliharan kebersihan dan keamanan.

"Sagrada Familia merupakan ikon, bahkan monumen, paling banyak dikunjungi di Barcelona. Setelah dua tahun perundingan, kami akhirnya mencapai persetujuan yang akan menjamin pembayaran lisensi, akses aman ke monumen dan fasilitas kehidupan lokal dengan peningkatan transportasi publik dan pembangunan di wilayah setempat," tulis Walikota Barcelona, Ada Colau, melalui akun Twitter

Fakta mengejutkan lainnya adalah waktu pembangunan yang belum selesai sejak tahun 1881. Padahal gereja ikonik ini berhasil mendatangkan 4,5 juta wisatawan setiap tahunnya.

(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA