Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Nov 2018 08:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gawat, Danau Tempat Yesus Berjalan di Atas Air Terancam Polusi

Bona
detikTravel
Foto: Danau Galilea (Ronen Zvulun/Reuters)
Foto: Danau Galilea (Ronen Zvulun/Reuters)
Tiberias - Danau Galilea populer sebagai tempat mukjizat Yesus berjalan di atas air. Namun sayang, destinasi wisata rohani Israel ini dilanda krisis polusi.

Danau Galilea atau Laut Tiberias merupakan danau air tawar terbesar di Israel. Terletak di Kota Tiberia, traveler membutuhkan waktu 2 jam dari Tel Aviv, Israel untuk sampai ke sini.

Cerita mukjizat Yesus berjalan di atas air menjadi salah satu fenomena dari populernya danau ini. Selain terbesar, danau cantik ini juga jadi danau air tawar terendah di dunia. Letaknya 211 meter di bawah permukaan air laut.

Namun kini, wajah cantik Galilea harus tercemar oleh polusi. Dilansir dari Reuters, Rabu (7/11/2018) polusi tersebut timbul akibat penangkapan ikan dan pembuangan limbah yang sembarangan.

Gawat, Danau Tempat Yesus Berjalan di Atas Air Terancam PolusiFoto: (Ronen Zvulun/Reuters)


Gara-gara polusi, Danau Galilea harus mengalami penurunan tinggi permukaan air. Hal ini tercatat pada tahun 2004, pemukaan airnya turun sampai 6 meter.

Dampak yang paling terlihat dari polusi adalah semakin berkurangnya flora dan fauna endemik yang hidup di sana. Salah satunya adalah ikan Petrus yang semakin jarang ditemukan. Padahal ikan ini jadi wisata kuliner wajib di Danau Galilea.

Dalam agama Islam, Danau Galilea juga disebut sebagai salah satu tanda kiamat atau hari akhir. Bila Danau Galilea airnya berkurang sampai mengering, maka itulah pertanda akhir zaman telah tiba.
Gawat, Danau Tempat Yesus Berjalan di Atas Air Terancam PolusiFoto: (Ronen Zvulun/Reuters)


Di balik sejarah penting bagi umat Kristiani, Danau Galilea juga memegang peranan penting untuk warga Israel. Hampir sepertiga cadangan air tawar Israel ada di danau ini.

Saat ini, pemerintah Israel berusaha menyelamatkan kawasan perairan danau dengan mengeruk dan membuat pipa pembuangan limbah yang terstruktur. Mereka berharap danau ini bisa kembali cantik dan terjaga pada tahun 2026.

Traveler yang berwisata ke danau ini bisa berkeliling dengan menggunakan kapal. Ada pula jalur Pendakian Yesus yang sering jadi destinasi untuk wisata religi. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Azerbaijan Menggoda Turis

Rabu, 14 Nov 2018 12:10 WIB

Azerbaijan jadi salah satu negara dengan perkembangan pariwisata tercepat dunia. Terus genjot pariwisata, Azerbaijan rilis video tentang keindahan alamnya.