Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Nov 2018 20:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengintip Bunker Rahasia Perang Dingin di Jantung Latvia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Bunker rahasia di jantung Latvia (dok. The Secret Soviet Bunker)
Foto: Bunker rahasia di jantung Latvia (dok. The Secret Soviet Bunker)
Ligatne - Sebuah bunker rahasia di Latvia baru-baru ini dibuka untuk umum. Wisatawan bisa menjelajahi bunker yang dipakai selama masa Perang Dingin Rusia-AS.

Latvia adalah sebuah negara di Eropa Utara yang dulu berada di bawah kekuasaan Rusia. Namun Latvia berhasil memerdekakan diri di tahun 1918.

Untuk memperingati 100 Tahun Kemerdekaan Latvia, sebuah bunker rahasia yang dulu digunakan semasa perang dibuka sebagai destinasi wisata. Traveler bisa melihat bagaimana kehidupan di Latvia saat di bawah pendudukan Soviet.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Senin (12/11/2018), bunker bernama The Pension ini selesai dibangun pada 1982. Bunker ini sangat rahasia. Tidak ada orang yang tahu keberadaannya, sampai terungkap di tahun 2003.

Bunker ini berada di kedalaman 30 kaki (9 meteran) di bawah tanah. Lokasinya berada Kota Ligatne, sekitar 80 Km dari Riga, ibu kota Latvia.

Mengintip Bunker Rahasia Perang Dingin di Jantung LatviaFoto: (dok. The Secret Soviet Bunker)

Untuk mengakses bunker ini, traveler mesti masuk lewat pintu belakang sebuah Pusat Rehabilitasi di Ligatne. Bunker ini sangat rahasia karena dulu digunakan untuk operasi intelejen USSR saat Perang Dingin terjadi antara Rusia-AS.

Kapasitas bunker ini bisa menampung hingga 250 orang. Di balik beton setebal 4,5 meter, bunker ini bisa digunakan saat bom nuklir dijatuhkan sekalipun. Traveler akan tetap aman di dalamnya.

Bunker ini bahkan punya pembangkit listrik sendiri, sumur air minum dan persedian makanan yang bisa bertahan hingga beberapa bulan. Dari sejak masih digunakan hingga sekarang, tidak banyak yang berubah dari bunker ini.

Mengintip Bunker Rahasia Perang Dingin di Jantung LatviaFoto: (dok. The Secret Soviet Bunker)


Interiornya masih asli, bahkan hiasan-hiasannya juga masih seperti saat awal dibangun. Ada bendera-bendera, patung Lenin, hingga peta Latvia. Ada juga peralatan-peralatan yang digunakan oleh agen rahasia KGB pada zamannya.

Bunker The Pension sendiri dibagi menjadi beberapa ruangan. Ada Ruangan Perang (War Room) tempat para agen meracik strategi. Ada juga ruang makan, dan beberapa kamar tidur yang digunakan oleh para prajurit.

Di atas langit-langit bunker juga ada lampu-lampu berwarna merah yang akan menyala saat terjadi situasi bahaya. Selama berkeliling bunker, traveler akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan segala sudut dan isi bunker. Traveler berani main ke bunker ini? (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED