Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Nov 2018 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan ke Peru, Wajib Coba Minuman Jagung Ungu

Kurnia Yustiana
detikTravel
Jagung ungu dari Peru (iStock)
Jagung ungu dari Peru (iStock)
Jakarta - Tidak semua jagung berwarna kuning. Peru punya jagung ungu dan seringkali diolah jadi minuman lezat. Traveler harus coba di sana!

Maiz morado alias jagung ungu banyak tumbuh di Peru sejak ribuan tahun lalu. Kandungan antosianin di jagung inilah yang menyebabkan munculnya warna ungu, dan berkhasiat sebagai antioksidan yang bikin awet muda serta melindungi tubuh dari penyakit, karena dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan kolesterol.

Jagung yang warnanya unik ini banyak diolah menjadi makanan dan minuman yang menggoyang lidah, salah satunya chicha morada. Nah, minuman tradisional chicha morada ini begitu populer di Peru.

"Ini terbuat dari jagung ungu dan nanas," ujar Susan Santos de Cardenas, Istri Dubes Peru untuk Indonesia, dalam acara Peru Cultural Morning di Jakarta, Selasa (13/11/2018) kemarin.

Pembuatannya dengan bahan utama air dan jagung ungu, serta dicampur sejumlah bahan lainnya seperti nanas dan kayu manis. Dalam segelas chicha morada, tampak minuman ini berwarna ungu tua dengan potongan-potongan kecil nanas.

Jagung ungu (iStock)Jagung ungu (iStock) Foto: undefined


detikTravel pun berkesempatan menikmati minuman tradisional ini saat acara Peru Cultural Morning. Minuman disajikan dingin. Aroma kayu manis tercium saat menenggak chicha morada. Rasanya minuman tidak terlalu manis dan sedikit asam, jagung dan nanasnya memang bercampur menimbulkan rasa yang unik. Segar banget!

Sepertinya akan sulit menemukan minuman asli Peru ini di Jakarta. Namun di Peru, chicha morada begitu mudah dicari. Traveler yang liburan ke sana wajib mencicipi kesegaran minuman tersebut.

Ada yang dijual dalam bentuk bubuk dan tinggal diseduh dengan air putih, banyak pula yang sudah dalam kemasan kaleng maupun botol. Nah chicha morada tidak bersoda, tapi kemasan botolnya banyak yang mirip seperti minuman bersoda. Bisa dibawa pulang pula buat oleh-oleh.

 Chicha morada (Kurnia/detikTravel) Chicha morada (Kurnia/detikTravel) Foto: undefined




Tonton juga 'Misteri Keindahan Machu Pichu':

[Gambas:Video 20detik]




Liburan ke Peru, Wajib Coba Minuman Jagung Ungu
(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED