Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Nov 2018 21:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada Lukisan Rizieq Shihab di Pameran Seni Brisbane

Melisa Mailoa
detikTravel
Foto: (Melisa Mailoa)
Foto: (Melisa Mailoa)
Brisbane - The 9th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art (APT9) sedang berlangsung di Brisbane, Australia dan diminati banyak turis. Ada berbagai lukisan menarik!

Bagi traveler yang sedang atau berencana liburan ke Brisbane, Queensland, Australia saat ini baru saja dibuka pameran seni akbar, The 9th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art (APT9). Ketika detikTravel menghadiri media previewnya pada Kamis (23/11) kemarin. Kunjungan ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi undangan Singapore Airlines bekerja sama dengan Tourism and Events Queensland.

Pada karya seni berjudul The ImbroglioTropical Paradise 2018 itu terdapat gambar Rizieq Shihab, pemimpin Front Pembela Islam (FPI). detikTravel pun penasaran siapa gerangan yang melukis Rizieq lengkap dengan para anggota FPI.

Pameran seni yang digelar di Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art ini mengumpulkan 80 seniman dari 30 negara se-Asia Pasifik. Rupanya Indonesia sendiri mengirimkan empat seniman jagoannya. Mereka adalah Aditya Novali, Elia Nurvista, Handiwirman Saputra dan Zico Albaiquni seniman yang menggambar sosok Rizieq Shihab. Di dunia seni, Ziqo sudah tidak awam lagi. Anak dari pelukis terkenal, Tisna Sanjaya ini sudah beberapa kali terlibat di pameran skala internasional, seperti di Singapura, Italia, Australia dan sebagainya.

Ada Lukisan Rizieq Shihab di Pameran Seni Brisbane (Melisa Mailoa)


Ziqo menjelaskan alasan dirinya menggambar sosok Rizieq Shihab karena ketika ia sedang membuat karya seni, tengah berlangsung gerakan 212 yang kala itu menjadi sorotan publik.

"Kejadian itu mau tidak mau, suka tidak suka merupakan bagian dari sejarah yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Saya berusaha meng-capture kejadian itu melalui medium seni," ungkap Ziqo saat ditemui.

Selain Rizieq Shihab dan anggota FPI, di dalam lukisan dengan latar belakang berwarna merah pink neon itu terdapat sosok perempuan yang ternyata merupakan gambaran dari sosok istri Ziqo. Lalu terdapat harimau dan burung merak yang kelihatan tengah bertarung. Dan sosok anak laki-laki yang tengah berbaring. Ziqo pun memberikan sedikit klue mengenai makna dari tiap komponen dalam lukisan itu.

Ada Lukisan Rizieq Shihab di Pameran Seni Brisbane(Melisa Mailoa)


"Dunia ini bukan cuma soal hitam dan putih saja. Tidak selalu benar atau salah. Sangat banyak sekali spektrum di dalamnya. Simbol dalam lukisan itu sisanya mau saya serahkan ke penikmat seni, biar merek sendiri yang menafsirkan artinya," tandas Ziqo.

Terlepas dari makna lukisan karya Ziqo ini, kita patut bangga karena karya seni Ziqo sebagai salah satu perwakilan Indonesia mendapatkan poris yang cukup besar. Terletak di lantai 3, lebih dari lima lukisan Ziqo dipajang di jalan utama. Lukisan Rizieq Shihab ini bahkan menjadi materi promosi acara APT9. Ketika detikTravel berkeliling di sekitar kota Brisbane, lukisan Rizieq Shihab dapat dengan mudah ditemukan di aneka billboard. Kabarnya iklan ini juga dipajang sampai di kota Melbourne.

Bagi yang penasaran dan ingin melihat langsung karya seni Ziqo dan seniman lainnya jangan khawatir. Acara tiga tahunan ini berlangsung dari 24 November 2018 sampai 28 April 2019. Selain lukisan ada instalasi patung, foto, dan video kontemporer modern yang pastinya sangat instragramable. Cara ke sana pun mudah. Dari kawasan wisata belanja Queen Street Mall, tinggal menyeberang jembatan Victoria Bridge melintasi Brisbane River ke arah South Bank. Pengunjung pun tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jadi tunggu apa lagi?

Ada Lukisan Rizieq Shihab di Pameran Seni Brisbane (Melisa Mailoa)



(mem/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED