Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Des 2018 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Rumah Mewah Berhantu, Nomor 3 di Indonesia

Niken Widya Yunita
detikTravel
Rumah Hantu Darmo di Surabaya (Rois Jajeli/detikTravel)
Rumah Hantu Darmo di Surabaya (Rois Jajeli/detikTravel)
Jakarta - Punya rumah mewah idaman setiap orang. Tapi kalau rumahnya berhantu bagaimana dong?

Rumah mewah identik dengan rumah yang besar, dibangun di lahan yang luas, desain eksterior dan interior yang mewah dan mahal serta kualitas terbaik. Rumah mewah memiliki nilai jual tersendiri. Dengan harga yang mahal harga jualnya menjadi tinggi.

Namun tidak dengan rumah mewah berhantu di bawah ini, para pemiliknya kesulitan menjualnya. Walaupun harganya jauh di bawah standar tetap tidak laku dijual.

Konon kabarnya, rumah mewah itu menyimpan kisah mistis di dalamnya. Beberapa saksi mata mengatakan pernah melihat sejumlah kemunculan dan mengalami kejadian aneh di situ. Rumah-rumah dihubungkan dengan penampakan makhluk gaib dan peristiwa menyeramkan yang memakan korban.

Berikut 7 rumah mewah berhantu versi On The Spot.

1. Magnolia Mansion, New Orleans

Rumah yang terletak di New Orleans, Los Angeles, ini terkesan mewah dan indah. Namun rumah ini memiliki catatan sejarah sebagai salah satu rumah berhantu. Dari luar bangunan ini terlihat sangat terawat. Padahal rumah ini sudah berusia 159 tahun. Rumah seharga 3,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 64 miliar ini menyimpan berbagai cerita misteri.

Beberapa orang yang berkunjung atau menginap di tempat ini selalu diganggu oleh sosok misterius si penunggu rumah mewah ini. Bahkan sang penjaga rumah mengaku kerap diganggu makhlus halus. Dia kadang berlari ketakutan jika menemui hal-hal di luar logika.

Dari catatan sejarah terungkap bahwa rumah mewah berhantu itu merupakan markas Palang Merah Amerika selama PD II dan perang Korea. Dari kabar beredar, kematian sering mengiringi orang-orang yang berada di Magnolia Mansion ini.

Kematian pertama sang arsitek rumah dipukul oleh orang tidak dikenal hingga tewas di dalam rumah. Setelahnya sang pemilik rumah mengalami kematian tidak wajar. Sang istri pemilik rumah tewas tersambar petir. Sejak itulah Magnolia Mansion disebut sebagai rumah berhantu.

Rumah mewah ini sudah beberapa kali dijual dan berpindah tangan namun pemilik barunya selalu diganggu makhlus halus. Dari keterangan pemilik rumah terdahulu, bial menjelang malam hari, barang-barang yang ada di dalam rumah bergerak sendiri. Seperti gelas-gelas berjatuhan ke lantai tanpa ada yang menyentuh. Sering juga terdengar suara lagu mengerikan. Namun tidak diketahui dari mana asal lagu tersebut. Yang terpenting adalah patung di dalam kamar tidur seolah-olah memiliki nyawa karena diklaim bisa berpindah-pindah tempat dan terkadang bisa menatap pemilik rumah.

2. Lamont Mansion

7 Rumah Mewah Berhantu, Nomor 3 di IndonesiaFoto: On The Spot

Rumah ini sebelumnya sederhana milik seorang nelayan dengan pemandangan indah. Robert Lamont merombak rumah ini menjadi sangat mewah. Sejak saat itu teror hantu di rumah ini dimulai.

Di rumah ini Robert sering mendengar suara langkah kaki tetapi tidak ada seorang pun. Jendela kerap terbuka sendiri ketika tidak ada angin. Robert juga dikejutkan oleh sesosok wanita dengan wajah pucat.

Setelah 14 tahun menghuni Lamont Mansion, Robert meninggalkan rumah tersebut hingga dia meninggal 1948. Pada tahun 1970-an sebuah keluarga menghuni rumah mewah ini. Namun setelah beberapa hari tinggal mereka melihat sesosok wanita dengan wajah pucat dan bayangan hitam yang sering berkeliaran di lorong rumah.

Beberapa kejadian janggal ini membuat istri penghuni rumah menderita penyakit jiwa. Setelah 6 bulan dihuni, rumah tersebut kembali kosong. Beberapa pemilik rumah ini juga mengaku mengalami kejadian aneh dan menjual rumah ini.

Pada 1988, Lamont Mansion tersambar petir. Rumah mewah itu habis terbakar. Anehnya, pohon di sekitar rumah tidak terbakar.

3. Rumah Darmo di Surabaya

7 Rumah Mewah Berhantu, Nomor 3 di IndonesiaRumah Hantu Darmo di Surabaya (Rois Jajeli/detikTravel)

Rumah yang dulunya megah ini sekarang terbengkalai. Rumah mewah tingkat tiga di Surabaya, Indonesia, ini menjadi yang paling dihindari. Terlalu banyak cerita mistis yang membungkus masa lalu rumah ini.

Kisah yang paling banyak beredar tentang pemilik rumah yang mendapatkan harta kekayaannya dengan melakukan ritual pesugihan. Sebagai balasannya, si pemilik rumah harus menyediakan sesajen atau tumbal.

Semula semua berjalan dengan lancar. Namun karena tumbal semaki sulit didapatkan membuat pemilik rumah mencoba menghindar dan mengingkari perjanjian tersebut.

Mungkin berpikir dengan menyeberangi lautan, semua kutukan dari roh jahat atau ikatan ikatan kuasa kegelapan dapat terlepas. Naas, seluruh anggota keluarga tersebut dikabarkan tewas sewaktu kabur melalui laut dengan kapal pribadi. Hanya seorang bayi dan pembantu yang tidak ikut serta. Kabarnya anak bayi sudah tumbuh dewasa. Dia hanya rutin datang terutama setiap malam Jumat kliwon ke rumah tersebut.

Namun sesosok wanita diklaim tidak pernah turun dari mobil hanya menyuruh petugas keamanan untuk menaburkan bunga. Beberapa orang meyakini, sosok wanita itu si pewaris rumah.

Dikabarkan pula rumah ini sempat disewa sebuah keluarga. Hingga suatu hari sekawanan penjahat merampok dan membunuh seluruh anggota keluarga termasuk pembantunya dengan sadis. Beberapa menyimpulkan, sebuah kutukan masih mendiami rumah Darmo. Akhirnya rumah ini dikenal sebagai Rumah Kutukan atau Rumah Darmo. Sampai sekarang tidak ada yang mau membeli atau mendiami rumah ini termasuk sang ahli waris.

4. Schweppe Mansion, Michigan

Sejatinya Schweppe Mansion sangat indah. Kita bisa melihat Danau Michigan dari dalam rumah. Namun rumah megah bak Istana ini tidak seindah seperti terlihat di gambar. Rumah mewah ini dikenal sebagai tempat tinggal pasangan hantu suami istri yang selalu gentayangan.

Awalnya rumah ini merupakan hadiah pernikahan Laura Schweepe dengan suaminya, Charles Schweepe pada 1917. Tragedi kematian tiba-tiba mengubah keindahan rumah ini menjadi kelam dan mengerikan.

Rumah mewah berhantu ini dikosongkan selama 50 tahun. Kisah menyeramkan dari rumah mirip kastil ini mulai merebak. Sejumlah saksi mata melihat kemunculan sosok wajah Laura dan Charles dari arah jendela rumah pada waktu-waktu tertentu.

Kedua sosok penampakan itu sedang berdiri dan memandang dengan wajah yang sangat menyedihkan. Masyarakat sekitar sering mendengar raungan kesakitan yang terdengar dari dalam rumah.

5. The Hiram B Scutt, Chicago

Sebuah rumah mewah di Chicago, Amerika Serikat, konon dihuni sejumlah hantu. Rumah yang dibangun 1 abad yang lalu oleh seorang arsitek. Rumah ini dijual Rp 1,8 miliar.

Rumah ini mempunyai sejarah yang kelam hingga muncul kabar rumah ini berhantu. Sebuah tempat menyeramkan pada rumah ini yakni di lantai atas rumah. Terdapat banyak boneka di lantai itu dan diklaim terdapat arwah-arwah bergentayangan di lantai itu.

6. Woolworth Mansion, New York

Pernah mendengar lagu Black Space mirip Taylor Swift? Dalam video klipnya, Swift tengah berkisah di rumah mewah seperti puri kerajaan. Rumah mewah ini ada di New York. Menurut warga, rumah ini memiliki sejarah menakutkan dan menghantui daerah itu. Rumah ini dirancang oleh Frank Winfield Woolworth. Edna Woolworth Hutton, putri kedua Frank bunuh diri di dalam kamarnya pada 2 Mei 1917. Warga sekitar mendengar suara aneh dari dalam kamar Edna.

Sejak kematiannya, kamar itu dikunci. Pada 4 Februari 2015 rumah tersebut rusak akibat kebakaran. Anehnya, kebakaran itu bukan pertama kalinya. Orang-orang sekitar menyebut kebakaran di rumah itu terjadi berulang-ulang dan tidak ada penyebab pasti kebakaran itu.

7. Winchester, San Jose

Rumah terletak di San Jose, Amerika Serikat, ini merupakan bangunan indah dan mewah. Pemiliknya Sarah Winchester. Keluarga Winchester merupakan keluarga terpandang di AS. Suami Sarah, William Wirt merupakan perancang senjata terkemuka di AS.

Namun sejak Wirt meninggal misterius, rumah mewah itu menjadi angker. Kisah horor di rumah ini tentang hantu balas dendam. Konon, hantu yang menghuni rumah ini yang menuntut balas dendam korban pembunuhan dari senjata yang dibuat Wirt.

Karena terus mendapat kejadian aneh, Sarah meminta bantuan spiritual. Spiritual itu meminta Sarah membangun rumah tanpa henti. Jika tidak, Sarah akan tewas mengenaskan.

Sejak 1981 hingga 1922, Sarah membangun rumah tanpa henti. Hasilnya sejak Sarah meninggal, terdapat 160 kamar, 13 kamar mandi, 47 perapian, 6 dapur dan masih banyak ruangan lain yang menjadi misteri.

Pengakuan pengunjung, rumah mewah berhantu itu mengerikan. Selain memiliki banyak ruang misterius dan labirin-labirin yang membingungkan, pengunjung mengalami fenomena mengerikan lainnya seperti mendengar suara gaib. Konon saat berkunjung di lantai atas, terlihat sosok hantu mengenakan pakaian bangsawan. Kabarnya sosok itu merupakan Wirt yang terjebak di rumahnya sendiri. (nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED