Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Des 2018 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Cara Nikmati Gold Coast ala Warga Lokal Australia

Melisa Mailoa
detikTravel
Cara menikmati Gold Coast, Australia (Melisa/detikTravel)
Cara menikmati Gold Coast, Australia (Melisa/detikTravel)
Gold Coast - Gold Coast jadi kota yang menarik buat liburan di Australia. Kamu bisa menikmati kota ini ala warga lokal dengan 4 cara. Yuk dicoba!

Sekali waktu cobalah berkunjung ke Gold Coast. Berbeda dengan Sydney atau Melbourne, dua kota yang favorit bagi traveler Indonesia, kota di bagian timur Australia ini juga punya pesona tersendiri untuk dinikmati traveler.

Saya mewakili detikTravel merasakan betapa bahagianya warga lokal Australia menikmati hidup. Kunjungan saya pada Selasa (20/11/2018) lalu dalam rangka memenuhi undangan Singapore Airlines dan Tourism and Events Queensland.

Sebagai perbandingan, di Sydney, kota terbesar di Negara Kanguru, semua berjalan serba cepat. Di jalanan Sydney Anda banyak menemui orang berpakaian jas sambil setengah berlari dan memasang headset di kedua telinganya.

Sedangkan di Gold Coast kehidupan seolah berjalan lebih lambat. Sambil mengenakan kaos kutang dan celana pendek, warga lokal jalan kaki sambil cekikikan.

Pokoknya mereka ini istilahnya 'living the life to the fullest' banget deh. Nggak heran kalau anak-anak muda di Australia menjadikan Gold Coast sebagai tempat berlibur andalannya.

Di kota dimana matahari selalu bersinar sepanjang tahun, detikTravel akan memberikan cara asik menikmati Gold Coast supaya bisa merasakan bahagia layaknya warga lokal :

1. Menunggangi ombak di pantai eksotis

4 Cara Nikmati Gold Coast ala Warga Lokal AustraliaSurfing di Gold Coast (Melisa/detikTravel)
Di kota yang terletak di bagian timur Australia terdapat pantai sepanjang 70 kilometer yang bermandikan sinar matahari. Surfers Paradise merupakan salah satu wilayah favorit tempat berkumpulnya para peselancar dunia.

Banyak kompetisi selancar internasional diselenggarakan di sini. Di tempat ini pula peselancar berbakat dari Indonesia, Oney Anwar berhasil menjuarai kompetisi Flight Centre Burleigh Pro 2017 silam.

Bagi Anda yang ingin mencoba berselancar di Gold Coast, terdapat beberapa spot yang besar ombaknya dapat disesuaikan dengan kemampuan kita. Buat Anda yang mengaku pro, bisa merasakan gelombang besar di Burleigh Heads, The Spit, Main Beach, Palm Beach dan Mermaid Beach.

Sedangkan seperti saya seorang pemula, banyak sekolah selancar https://www.detik.com/tag/surfing/ dengan pengajar terakreditasi yang akan membantu kita berdiri di atas papan selancar dan menunggangi ombak pertama dengan cepat.

2. Keliling naik sepeda

4 Cara Nikmati Gold Coast ala Warga Lokal AustraliaBisa naik sepeda (Melisa/detikTravel)
Cara paling tepat untuk menikmati garis pantai Gold Coast yang panjang yaitu dengan gowes sepeda. Warga setempat menggunakan sepeda tidak hanya untuk bersantai tapi juga sebagai salah satu transportasi andalan mereka. Apalagi pedestrian dan jalan di Gold Coast sangat ramah dengan pesepeda.

Biasanya tempat penginapan sudah menyediakan sepeda untuk disewa. Tapi wisatawan juga bisa sewa sepeda melalui internet. Banyak operator sewa sepeda di Gold Coast.

Harganya mulai dari 25 AUD sampai 30 AUD atau Rp 250 sampai Rp 300 ribu. Harga bisa berubah tergantung durasi peminjaman sepeda.

3. Ngopi di pinggir pantai

4 Cara Nikmati Gold Coast ala Warga Lokal AustraliaNgopi di kafe (Melisa/detikTravel)
Indonesia dan Australia ternyata sama-sama punya budaya ngopi yang kental. Ngopi adalah aktivitas yang wajib dilakukan ketika traveler berkunjung ke Australia. Di sana menyesap minuman yang mengandung kafein itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

Tidak heran kalau bisnis kopi di Australia berkembang sangat pesat. Di Gold Coast kedai kopi sangat mudah ditemui di setiap sudut kota.

Salah satu kedai kopi yang wajib dikunjungi adalah Elk Espresso, letaknya persis di seberang Surfers Paradise. Sebelum jalan menyusuri pantai saya sarankan untuk memesan es kopi untuk mendinginkan tubuh.

4. Jalan kaki

4 Cara Nikmati Gold Coast ala Warga Lokal AustraliaJalan santai (Melisa/detikTravel)
Olahraga paling mudah dan murah ya dengan jalan kaki. Gold Coast memiliki trotoar yang lebar dan bersih. Jalan kaki melewati aneka kedai kopi lucu atau sambil menyusuri pantai dijamin tidak akan terasa melelahkan. Udaranya juga sangat bersih.

Kalau berjalan malam hari, Anda bisa melihat dengan jelas bintang bertebaran di atas langit. Warga lokal biasa berjalan kaki sambil membawa binatang peliharaannya. Atau sambil mendorong kereta bayi dan menikmati matahari pagi.

Jadi kapan kamu berangkat liburan ke Gold Coast? (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED