Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Jan 2019 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mata Air Terbersih Sedunia Ada di China!

Bona
detikTravel
Black Tiger Spring di Jinan (Bonauli/detikTravel)
Black Tiger Spring di Jinan (Bonauli/detikTravel)
Jinan - Bicara soal mata air China, mungkin nama Jade Spring Hill yang populer. Tapi ternyata, mata air terbersih ada di Kota Jinan, Black Tiger Spring.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Kota Jinan, Provinsi Shandong , China, bersama Dwidaya Tour, beberapa waktu lalu. Di kota inilah terdapat sumber mata air paling bersih di dunia.

Mata air tersebut bernama Black Tiger Spring atau Heihu Spring. Dahulu kala, saat kota ini masih menjadi bagian kerajaan, Jinan memiliki sekitar 70 sumber mata air aktif.

Namun karena sudah semakin berkurangnya air tanah, kini hanya tinggal 4 lubang yang masih mengeluarkan air. Mata airnya mengalir bersamaan dengan sungai di tengah Kota Jinan.



Di pinggir sungai, masih ada beberapa kolam yang menghasilkan gelembung-gelembung udara. Ini berarti masih ada mata air yang keluar dari dasar sungai.

Mata air Black Tiger sendiri ada di pinggir sungai. Alirannya keluar dari 3 kepala harimau dan mengairi sungai https://www.detik.com/tag/sungai. Banyak orang yang datang untuk menimba air di Heihu Spring.

Pemerintah pun membuat kran-kran air di pinggir sungai. Masyarakat bukan hanya membawa botol namun galon untuk dikonsumsi sehari-hari. Air ini terus mengalir dan masyarakat tidak dipungut biaya apa pun untuk masuk.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


Saking bersihnya, traveler bisa minum air ini langsung tanpa perlu dimasak. Konon, wisatawan yang minum air ini akan kembali lagi ke Jinan.

Kolam Black Tiger Spring juga punya hal menarik lainnya, yaitu ikan air tawar. Di dalam kolam ini ada banyak sekali ikan koi, mas dan jenis ikan tawar lainnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa ikan-ikan tersebut tidak dipelihara dengan sengaja. Tapi ikan-ikan tersebut muncul begitu saja.

Hal menarik lainnya adalah kecantikan dari sungai ini. Di sepanjang sisi sungai berjajar pohon dedalu yang membuat wajah sungai semakin cantik. Memasuki awal musim dingin, daun-daun yang berguguran membuat suasana jadi romantis.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel) Foto: undefined


Jembatan di tengah sungai pun dibuat dengan elegan dengan gaya China klasik. Pemerintah menyediakan kapal wisata bagi traveler https://www.detik.com/tag/news/wisatawan/ yang ingin merasakan sensasinya.

Untuk membuat sungai tetap bersih, ada pula petugas yang membersihkan sungai dengan kapal. Wisatawan diminta dengan sangat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Mata air ini sudah terkenal diberbagai penjuru China. Banyak yang datang hanya untuk minum air ini. Kenapa mata air ini bisa begitu terkenal? Tunggu ceritanya di artikel selanjutnya ya!


(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel) Foto: undefined




(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA