Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Jan 2019 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Jerman Ada Museum Babi, Apa Isinya?

Shinta Angriyana
detikTravel
Museum Babi di Jerman (Scheweinemuseum/Facebook)
Stuttgart - Museum biasanya menyimpan bersejarah. Tapi di Jerman ada museum bertema babi. Ada-ada saja...

Museum ini beneran ada lho di sebuah kota bernama Stuttgart, Jerman. Pig Museum, atau yang biasa disebut Schweinemuseum adalah bangunan yang berisi seluk beluk hewan Babi.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (14/1/2019) Schweinemuseum tepatnya terletak di Schlachthofstra├če 2A, 70188, Stuttgart, Jerman. Dulunya, Museum Babi merupakan bangunan untuk pembantaian (slaughterhouse) sekitar tahun 1900-an.

Tadinya, museum ini tidak berlokasi di Stuttgart. Namun, sang kolektor bernama Erika Wilhelmer merasa koleksinya sudah terlalu banyak. Akhirnya, ia memindahkan museum berisi koleksi hal-hal seputar babi dari Bad Wimpfen ke Stuttgart.

Bagian depan museum (Scheweinemuseum/Facebook) Bagian depan museum (Scheweinemuseum/Facebook)
Kini, Schweinemuseum berisi 50 ribu koleksi dan 29 ruang pameran yang menceritakan seputar babi dari seluruh dunia. Dekorasinya juga dipenuhi dengan patung-patung babi mulai dari awal menjelajahi museum.

Mulai dari celengan, mainan, sampai barang-barang yang tidak biasa. Koleksi dari zaman dahulu hingga sekarang pun tersedia. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar mengenai zoologi, seni, mitologi dan simbolisme tentang Babi.

Aneka koleksi Babi (Schweinemuseum/Facebook)Aneka koleksi Babi (Schweinemuseum/Facebook)
Selain aneka pameran, Schweinemuseum juga punya ruang bermain anak dan teras belakang yang bisa digunakan untuk bersantai. Cocok untuk pengunjung yang berwisata dengan keluarga. Begitupun dengan restoran dan kafe yang juga tersedia.

Di saat-saat tertentu, pihak museum juga menggelar acara interaktif. Seperti pameran temporer, festival, dan aneka acara lainnya.

Pameran babi lainnya (Schweinemuseum/Facebook)Pameran babi lainnya (Schweinemuseum/Facebook
Uniknya, ada transportasi khusus yang mengantar pengunjung jika ingin ke sini. Transportasi bus itu berwarna pink dan punya logo kepala babi di bagian depan.

Jam buka museum mulai pukul 11.00 pagi sampai 19.30 malam setiap harinya. Mau coba ke sini? (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA