Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jan 2019 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan ke Selandia Baru, Ada Taman Paling Instagramable di Hamilton

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Hamilton Gardens yang instagramable di Kota Hamilton, Selandia Baru (Fitraya/detikTravel)
Hamilton Gardens yang instagramable di Kota Hamilton, Selandia Baru (Fitraya/detikTravel)
Hamilton - Liburan ke Selandia Baru bisa jadi impian baru para traveler. Ada banyak destinasi di sana, salah satunya Kota Hamilton dengan taman terbaik di Negeri Kiwi.

Hamilton adalah kota kecil yang berjarak 125 km dari Auckland. Ini sering jadi kota singgah untuk traveler yang mau berwisata ke Hobbiton dan Glowworm Caves karena kota ini terletak di antaranya.

Tapi bukan artinya Hamilton tidak punya destinasi keren. Spot terbaiknya adalah Hamilton Gardens. Gardens dengan huruf 'S' karena memang ada banyak taman yang berkumpul dalam area seluas 54 hektar.

detikTravel atas undangan maskapai Emirates berkunjung ke sana pada Minggu (20/1/2019). Masuknya gratis tanpa tiket masuk, tapi justru ini bukan destinasi murahan. Yang bikin keren, Hamilton Gardens memiliki 21 taman dengan tema-tema unik.

Liburan ke Selandia Baru, Ada Taman Paling Instagramable di HamiltonItalian Renaissance Garden (Fitraya/detikTravel)

Yang mengejutkan saya adalah sebuah papan yang memberikan informasi kalau kawasan ini dulunya adalah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Kota Hamilton tahun 1960-an. Pada tahun 1971 baru dibuka sebagai taman kota dan sampai sekarang berkembang terus taman-taman kerennya.

Saking bagusnya, Hamilton Gardens pernah menang Garden of The Year sebagai taman terbaik sedunia tahun 2014. Ada apa saja di sana? Banyak banget taman keren. Traveler wajib bawa kamera kalau datang ke sini.

Yang paling sering muncul di Instagram adalah Italian Renaissance Garden yang bergaya abad ke-15 dan 16. Begitu melihat tamannya, wow! Turis berdecak kagum dengan taman bergaya Eropa bagaikan taman istana kerajaan.

Ada patung Romulus dan Remus, serigala yang menjadi simbol Kota Roma. Bunga-bunganya begitu ditata rapi, jenis bunga diatur berdasarkan warnanya dan menghasilkan perpaduan yang cantik.

Liburan ke Selandia Baru, Ada Taman Paling Instagramable di HamiltonIndian Char Barh Garden (Fitraya/detikTravel)

Taman keren selanjutnya menurut saya adalah Indian Char Barh Garden. Ini adalah taman bergaya India abad ke-16 dan 17. Arsitektur khas Islam Mughal begitu detil dengan taman geometris dan bunga warna-warni. Rasanya ingin berjoget India di taman ini.

Kemudian ada Chinese Scholar's Garden bergaya abad ke-10 sampai 12 zaman Dinasti Sung. Lalu ada Japanese Garden of Contemplation bergaya zaman Muromachi abad 14-16. Namun menurut saya, sudah cukup banyak taman kota atau kebun raya di dunia yang punya taman Jepang dan China, jadi tidak terlalu istimewa lagi.

Ada juga taman yang bergaya sangat modern minimalis namanya Modernist Garden dengan gaya Amerika kekinian. Taman-taman keren lainnya ada di area taman fantasi yang pintu masuknya ada patung Alice in Wonderland.

Tudor Garden bergaya Inggris abad ke-16 juga keren untuk yang suka posting Instagram. Bergaya taman istana dan ada juga patung-patung hewan fantasi Inggris seperti Unicorn, Centaur, Naga, Phoenix dll.

Liburan ke Selandia Baru, Ada Taman Paling Instagramable di HamiltonTudor Garden (Fitraya/detikTravel)

Lalu yang unik adalah Concept Garden. Taman atau kebun ini memiliki dekorasi balon udara yang disebut Huddleston. Ada lagi Herb Garden yang isinya adalah aneka tanaman yang dipakai untuk makanan, kosmetik, parfum dan obat.

Bunga-bunga di Hamilton Gardens begitu cantik, tidak heran banyak wisatawan yang suka datang ke sini. Bukan hanya itu, taman ini sering dipakai untuk aneka event besar. Di sebelah Danau Turtle ada area lapangan besar yang bisa dipakai untuk acara festival. Hamilton Gardens cocok banget untuk jadi destinasi liburan di Selandia Baru.

Cara ke sana:

Ada bus namanya Busit dari Terminal Hamilton Transport Centre ke Hamilton Gardens. Cari bus nomor 6 jurusan Hamilton Gardens. Khusus akhir pekan pakai bus nomor 29 ke Hamilton Gardens. Tapi kalau repot, taksi online Uber bisa mengantar Anda dengan cepat.

Liburan ke Selandia Baru, Ada Taman Paling Instagramable di HamiltonChinese Scholar's Garden (Fitraya/detikTravel)
(fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED