Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jan 2019 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

3 Jam di Penang, Bisa Ngapain Saja?

Syanti Mustika
detikTravel
Kuil Hindu di Penang, Malaysia (Syanti/detikTravel)
Kuil Hindu di Penang, Malaysia (Syanti/detikTravel)
Penang - Traveler yang wisata dengan cruise bisa menikmati destinasi di Penang, walau waktunya singkat. Bisa kemana saja ya?

detikTravel diundang Princess Cruise berlayar selama empat malam dengan rute Singapura- Penang- Phuket- Singapura. Pada hari Minggu (20/1/2019) kami pun sampai di Phuket. Dalam waktu singgah yang tidak terlalu lama, kami keliling ke beberapa destinasi di Penang.

Adapun destinasi yang bisa traveler kunjungi dengan waktu singkat di Penang adalah George Town.

George Town merupakan ibukota Penang dan salah satu pulau dengan pelabuhan terpenting di Selat Malaka. Pelabuhan ini sangat penting bagi China dan India. Pelabuhan ini dibuka pada tahun 1786 oleh British East India Company.

Dilihat dari sejarahnya, pantas saja terdapat paduan kebudayaan di George Town. Traveler akan melihat gedung-gedung bergaya Eropa dengan beragam plakat tulisan China. Dan juga banyak orang India dan terdapat kampung India yang dikenal dengan Little India.

George Town (Syanti/detikTravel)George Town (Syanti/detikTravel)
Sejatinya, keliling secara keseluruhan George Town dalam waktu singkat, mungkin tidak memungkinkan. Karena kawasan ini cukup luas.

Dalam waktu selama 40 menit, detikTravel pun mencoba berkeliling dan mengambil gambar. Namun hanya bisa menyentuh sebagian kecil sudut cantik dari George Town.

Banyak pedagang yang menjual beragam jenis dagangannya di sini. Ada kuliner, buah segar, gorengan, beragam minum, souvenir dan pakaian. Traveler yang hendak beli oleh-oleh bisa lihat juga di sini.

Setelah puas melihat-lihat, perjalanan pun dilanjutkan ke Little India. Sesuai namanya di sini ditinggali oleh keturunan India. Di sini traveler bisa berkunjung ke Kuil Sri Maharaman Mariamman. Ini merupakan salah satu kuil tertua di Penang.

Setelah berkunjung ke kuil, jangan lewatkan cicipi jajanan khas India dengan karinya yang menggugah selera. Nyam!

Kuil Sri Maharaman Mariamman (Syanti/detikTravel)Kuil Sri Maharaman Mariamman (Syanti/detikTravel)
Di dekat Little India ada Kuil Kuang Im. Ini merupakan kuil tertua di George Town. Kuil ini telad semenjak 1800. Kuil ini tidak hanya ramai untuk eisata saja, namun juga untuk ibadah dan kegiatan keagamaan.

Perjalanan pun dilanjutkan ke Chew Jetty, kampung nelayan terapung yang masuk ke dalam daftar Warisan Budaya UNESCO. Di sini traveler bisa melihat rumah-rumah lantai kayu yang berdiri kokoh di pesisir pantai.

Di sini juga traveler bisa menikmati angin laut sembari melihat gedung-gedung tinggi dan kapal tangker di lautan. Banyak juga turis-turis di sini yang berfoto-foto dengan latar laut.

Chew Jetty (Syanti/detikTravel)Chew Jetty (Syanti/detikTravel)
Nelayan dan keturunannya di sini sekarang tidak melaut lagi, karena perekonomian mereka semakin membaik. Mereka pun menjual beragam oleh-oleh khas Penang untuk turis. Traveler juga bisa membeli oleh-oleh di dini.

Nah itulah destinasi yang bisa travrler nikmati dalam waktu lebih kurang 3 jam di Penang. Jika traveler punya waktu lebih, jelajahi lebih banyak lagi ya. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED