Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jan 2019 12:52 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Setiap Minggu, Warga Kota di Selandia Baru Ini 'Menghilang'

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Kota Hamilton mendadak sepi di hari Minggu (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Kota Hamilton mendadak sepi di hari Minggu (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Hamilton - Hamilton di Selandia Baru adalah kota singgah untuk wisatawan yang mau ke Hobitton. Namun setiap hari Minggu di musim panas, penduduknya seperti menghilang.

Hamilton adalah kota kecil yang berjarak 125 km dari Auckland. Ini sering jadi kota singgah untuk traveler yang mau berwisata ke Hobbiton dan Glowworm Caves karena kota ini terletak di antaranya.
Kota ini punya destinasi andalan berupa Hamilton Gardens, salah satu taman kota terbaik di dunia. detikTravel atas undangan maskapai Emirates berkunjung ke sana pada Minggu (20/1/2019). Emirates memang memiliki rute Denpasar-Auckland.

Namun ada yang aneh dengan suasana Minggu itu, kota ini sepi bukan main. Bahkan jalanan utama kota ini begitu sepi. Restoran buka tapi pengunjung sedikit, museum juga begitu. Kemana orang-orang pergi? Usut punya usut setelah bertanya-tanya, kami mendapat info soal acara bernama Gourmet on the Gardens.

Setiap Minggu, Warga Kota di Selandia Baru Ini 'Menghilang'Warga rupanya kompak 'pindah' ke acara festival kuliner (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)

Segeralah kami menuju acara yang dimaksud yang letaknya di sebelah Hamilton Gardens. Ternyata ada 100-an mobil parkir di sana. Oh la la... rupanya di sinilah seluruh warga kota berada. Hiruk pikuk penduduk Kota Hamilton ada di sini semuanya.

Info dari pihak panitia, setiap hari Minggu di musim panas digelar festival kuliner bernama Gourmet on The Gardens setiap pukul 16.00 sampai saat sunset pukul 20.00. Lokasinya ada di lapangan rumput yang sangat luas di samping Hamilton Gardens.
Di kawasan ini ada sekltar 30 food truck menggelar aneka kuliner dari berbagai belahan dunia. Warga Hamilton dan wisatawan semua datang ke sini untuk menikmati matahari di musim panas Bumi selatan.

Mereka membawa tikar atau karpet sendiri, kursi dan perlengkapan piknik lainnya. Lalu mereka bisa membeli aneka makanan dan minuman, lalu pesta makan bersama deh. Asyik banget kan!
Setiap Minggu, Warga Kota di Selandia Baru Ini 'Menghilang'Aneka food truck makanan (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Untuk hiburannya, ada penampilan grup band lokal menghibur pengunjung. EO-nya cukup rapi, ada area untuk mengumpulkan piring kotor. Jadinya taman tetap bersih.

Ada makanan apa saja sih? Macam-macam. Ada burger, fish and chips, sushi Jepang, paella Spanyol, minuman lemon ala Amerika, es krim, taco Meksiko, ayam ala Vietnam dan lain-lain. Harganya lumayan terjangkau yaitu NZD 3-15 (Rp 28 ribu-144 ribu)

Untuk traveler muslim hati-hati ya, ada banyak menu babi di sini. Kamu bisa pilih menu ikan, ayam atau sapi biar aman. Tapi, kalau mau makanan halal ada lho! Ada gerai bernama Chicken Couple yang menyediakan menu makanan Vietnam dengan ayam yang halal. Tanda 'Halal' dipasang di spanduk mereka.

Setiap Minggu, Warga Kota di Selandia Baru Ini 'Menghilang'Gerai makanan halal (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Festival Gourmet on The Garden adalah cara terbaik untuk para traveler berbaur dengan warga lokal di Selandia Baru. Di sini kita bisa bersuka ria bersama, makan enak dan menonton musik merdu. Siapa tahu bisa sekalian menambah teman.

Cara ke sana:

Emirates memiliki rute penerbangan dari Bali ke Auckland sekali sehari. Dari Bandara Auckland, traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Hamilton dengan bus antarkota sampai Terminal Hamilton. Kemudian ada bus namanya Busit dari Terminal Hamilton Transport Centre ke Hamilton Gardens. Pada hari Minggu, pakai bus nomor 29 ke Hamilton Gardens, lalu jalan ke lokasi festival Gourmet on The Gardens. Tapi kalau tidak mau repot, taksi online Uber bisa mengantar Anda dengan cepat. (fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED