Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Jan 2019 22:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Confucius Hall, Pemandangan Rp 20 Triliun di China

Bona
detikTravel
Confucius Hall di Qufu (Bonauli/detikTravel)
Qufu - Confucius dikenal sebagai pendiri dari ajaran Kong Hu Cu. Untuk menghormati ajarannya, Kota Qufu mendirikan balai di kaki bukit senilai Rp 20 Triliunan.

Ajaran Kong Hu Cu disebarkan oleh cendikiawan bernama Confucius. Terlahir dengan nama Kong Zi, kini ajaran Cofusius menjadi bagian dari masyarakat China.

detikTravel bersama Dwidaya Tour, melanjutkan perjalanan ke Kota Qufu, Provinsi Shandong, China. Untuk menghormatinya, pemerintah China membuat balai megah dan mewah bernama Confucius Hall. Balai ini berada di kaki bukit tempat Confucius dilahirkan.

Untuk sampai di tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalan selama sekitar 30 menit. Setelah sampai di area balai, wisatawan diminta untuk melanjutkan perjalanan sekitar 10 menit dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


Setelah tiba, wisatawan harus berjalan sedikit ke balai utama, Confucius Hall. Di Balai ini, traveler akan diminta untuk memakai cover sepatu.

Hal pertama yang disuguhkan dari Confucius Hall adalah perjalanan Confucius dalam lukisan. Ada pula keterangan dalam yang ditulis dalam bahasa Inggris, untuk wisatawan.

Confucius Hall memang dibuat dengan sangat megah dan mewah. Tak hanya dalam bentuk lukisan, ajaran Confucius juga dipahat dalam bentuk patung dan dipajang.

"Ada cerita berbeda dari setiap patung, tapi semuanya menceritakan ajaran Confucius dalam kehidupan bersosial," ujar Mr Kong, pemandu di Confucius Hall.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


Ada hal menarik yang di sebelum menjelajahi balai ini. Pihak balai akan mengadakan penyambutan tamu ala kerajaan pada waktu-waktu tertentu. Ada aktor yang diperankan sebagai pejabat dan dayang-dayang. Lengkap dengan musik dan dialog.

Penyambutan dilakukan di bagian tengah balai. Ruangan tersebut dibuat seakan pelataran istana dengan banyak tangga. Melewati anak tangga, ada banyak lampu yang dibuat serupa lilin di sisinya.

"Lilin merupakan penghormatan untuk tiap ajaranConfucius," jelas Mr Kong.

Ruangan megah tersebut dilengkapi dengan pintu besar yang memiliki lambang naga. Di bagain kenopinya, ada burung phoenix yang jadi simbol keagungan.

Ajaran Confucius tak hanya dilukiskan atau dibentuk jadi patung. Ada 5 ajaran utama Confucius yang dituangkan ke dalam bentuk ruangan.

Ada 5 ruangan yang berurutan dengan ajaran Confucius, yaitu benevolence, faith, wisdom, justice, courtesy. Ruangan pertama adalah benevolence yang berarti kebajikan.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


Di dalam ruangan ini, ada banyak buku yang berlandaskan ajaran Confucius. Ruangan benevolence memang lebih luas dibandingkan 4 ruangan lainnya. Lampu gantung dan sisi ruangan dibuat remang dan teduh.

Pada saat berkunjung ke sana, ada pula rombongan anak sekolah yang melakukan tur di Confusius Hall. Selain mengenalkan ajaran Confusius, mereka dibawa dekat dengan wisata sejarah sejak dini.

Setelah ruang kebajikan, akan ada ruang faith atau keyakinan. Ruangan yang didominasi oleh warna coklat kayu ini dibuat mirip ruang rapat. Ruangan melingkar dan dipadu dengan ukiran-ukiran di tiap sisinya.

Melewati ruangan faith, ada ajaran wisdom yang dideskripsikan ke dalam satu ruang. Ruang wisdom berisi nasihat dan kata-kata bijak untuk manusia. Nuansa yang diberikan adalah ungu dan hitam.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


"Di dalam ruangan ini, kita diajak untuk menaklukan diri sendiri," ujar Kong.

Keluar dari ruang wisdom, ada ruang justice atau keadilan yang bikin melongo. Kalau sebelumnya ruangan cenderung bernuansa gelap, justice dibuat mewah dengan dominasi warna putih dan emas.

"Seluruh ruangan justice dibuat dari marmer putih, putih jadi lambang keadilan itu sendiri,"

Setelah itu, akan ada ruang courtesy yang berarti kebaikan. Ruangan ini didominasi dengan warna merah bata dan emas. Lukisan tentang ajaran atau cerita rakyat China menggantung sebagai hiasan di ruangan-ruangan ini.

Benar saja, Confucius Hall dibuat semegah mungkin bukan tanpa alasan. Bakti dari Confucius-lah yang menjadikan namanya harum sehingga terus diingat oleh masyarakat China.

Tak tanggung-tanggung, sebagai penghormatan Confucius Hall dibangun dengan kisararan Rp 20 T. Tiap ruang pengajaran diberi pembatas agar tidak rusak. Belum lagi ukiran hiasan ruangan yang berbeda-beda. Semuanya dibuat dengan sangat megah dan mewah.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)


Selesai tur di Confucius Hall, wisatawan akan dibawa ke taman cantik di depan patung Confucius. Di lapangan ini berdiri patung Confucius setinggi 72 meter.

"72 Meter adalah jumlah muridnya," jelas Mr Kong.

Area di sisi balai juga dipercantik dengan air terjun dan kolam buatan. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk membuang sampah sembarangan atau menginjak rumput ya!

"Confucius baru selesai dibangun, sehingga untuk sekarang masih gratis," kata Mr Kong.




Simak juga video 'Rute Maut Pengantar Paket di China, Bertaruh Nyawa':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA