Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Feb 2019 21:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Super Unik! Kebun Bawah Tanah Pertama di Dunia

Kurnia Yustiana
detikTravel
Kebun bawah tanah di London (Growing Underground)
Kebun bawah tanah di London (Growing Underground)
London - Umumnya kebun bisa dilihat di permukaan tanah. Tapi ada kebun yang beda di Inggris. Lokasinya puluhan meter di bawah tanah dan turis bisa main ke sana.

Growing Underground merupakan kebun bawah tanah di London, Inggris. Dilihat detikTravel dari situs resminya, Kamis (7/2/2019), penggagas Growing Underground adalah Richard Ballard dan Steven Dring. Dibuat tahun 2014, Growing Underground disebut-sebut sebagai kebun bawah tanah pertama di dunia.

Kebun yang unik itu berlokasi 33 meter di bawah permukaan tanah. Tepatnya di terowongan bawah tanah bekas tempat berlindung dari serangan udara Perang Dunia II, di Distrik Clapham.

Di kebun ditanam microgreens alias sayuran yang dipanen muda pada usia sekitar 7 sampai 14 hari setelah benih disemai, serta selada. Dengan sistem hidroponik https://www.detik.com/tag/hidroponik dan teknologi LED, tanaman tumbuh dengan baik, bebas pestisida pula.

Untuk pertama kalinya, kebun Growing Underground membuka kesempatan buat traveler yang ingin berkeliling di sana. Ada tur terbatas buat wisatawan. Di hari-hari tertentu, seperti Selasa dan Kamis ada tur bersama penggagas kebun bawah tanah ini. Tur tersedia sampai akhir Maret 2019 dengan durasi 75 menit.

View this post on Instagram

A post shared by Growing Underground 馃尡 (@growing_underground) on Jan 3, 2019 at 10:53am PST


Kemudian ada tur lagi bersama team leader di kebun hari Kamis dan Sabtu di bulan April sampai September. Selama tur, wisatawan diajak eksplor kebun bernuansa pink yang futuristik ini.

Sambil berkeliling traveler akan dijelaskan soal sejarah terowongan dan kebun bawah tanah. Asyiknya lagi, sebelum pulang setiap peserta tur bakalan diberi fresh micro herb salad dengan sayuran yang dipetik langsung dari kebun.

Nah tur ini terbuka buat semua traveler dengan minimal usia 14 tahun. Kalau mau ikutan, biayanya mulai dari 35,15 Poundsterling (Rp 635 ribu). Sebaiknya pesan tiket terlebih dahulu di situs resminya, karena untuk satu kali tur jumlah pesertanya terbatas.


(krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED