Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Feb 2019 22:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Canggih! Bandara Ini Pakai Robot Buat Parkirkan Mobil

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Robot yang bisa memarkirkan mobil secara otomatis di bandara (dok. Stanley Robotics)
Robot yang bisa memarkirkan mobil secara otomatis di bandara (dok. Stanley Robotics)
London - Satu inovasi canggih siap diuji coba di Bandara Gatwick, Inggris. Akan ada robot yang bisa memarkirkan mobil traveler, jadi tidak perlu repot-repot deh!

Bulan Agustus 2019 akan jadi bulan yang bersejarah bagi Bandara Gatwick di London, Inggris. Di bulan tersebut, sebuah inovasi canggih akan mulai diuji coba di sana, yaitu robo-valet. Robot cerdas yang bisa memarkirkan mobil traveler seperti layaknya petugas valet.

Dilansir detikTravel dari CNN, Kamis (7/2/2019), robot ini dibuat oleh Stanley Robotics, perusahaan teknologi yang berbasis di Paris, Prancis. Robot valet ini rencananya akan dinamakan Stan.

Robot ini secara otomatis akan mencarikan spot parkir buat mobil traveler di area parkir bagian selatan Bandara Gatwick. Traveler tinggal men-drop mobil yang akan diparkir, lalu mengkonfirmasi tiket parkir, maka si robot Stan yang akan mencarikan tempat parkirnya.

Stan dilengkapi dengan roda, serta alat semacam forklift (dongkrak) yang akan mengangkat mobil traveler. Nantinya mobil traveler akan diangkat oleh Stan, kemudian dibawa menuju ke spot parkir yang tersedia. Begitu juga sebaliknya, saat traveler hendak mengambil kembali mobilnya.

Stan sedang memarkirkan mobil (dok. Stanley Robotics)


Stan juga dilengkapi dengan sensor yang akan memindai mobil traveler. Stan bisa mengetahui bentuk dan ukuran mobil untuk memastikan spot parkir yang sesuai. Stan juga akan mengenali mobil traveler sesuai dengan terminal kedatangan ataupun keberangkatan sehingga lebih dekat.

Soal keamanan, traveler tidak perlu khawatir. Robot canggih ini dilengkapi dengan sistem GPS militer yang ditanamkan sehingga meminimalisasi kesalahan lokasi parkir. Setiap mobil yang terparkir akan dicatat oleh sistem sehingga kecil kemungkinan akan hilang.

Stan bekerja secara otomatis dan canggih (dok. Stanley Robotics)


Untuk memuluskan gerak Stan dalam memarkirkan kendaraan, pihak Bandara Gatwick pun siap merenovasi beberapa infrastruktur, termasuk mengganti garis parkir serta tiang lampu, sehingga kapasitas area parkir ini bisa muat sampai 100 mobil lagi.

Selama 3 bulan, Stan akan diuji coba di Bandara Gatwick. Robot parkir serupa Stan sudah diuji coba di beberapa bandara, seperti Bandara Charles de Gaulle, Prancis sampai Bandara Dusseldorf, Jerman. Indonesia kapan ya? (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED