Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Feb 2019 12:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Arsenal Kalah di Tempat yang Bersejarah

Afif Farhan
detikTravel
Arsenal dikalahkan Bate (Anton Vaganov/REUTERS)
Arsenal dikalahkan Bate (Anton Vaganov/REUTERS)
Borisov - Arsenal takluk dari BATE Borisov pada leg I babak 32 besar Liga Europa. The Gunners, kalah di kota kecil yang indah dan punya banyak sejarah.

Dalam pertandingan di Borisov Arena, Jumat (15/2/2018) dinihari WIB, Arsenal menelan kekalahan 0-1. Dalam laga itu, tim asuhan Unai Emery kebobolan di injury time babak pertama, sundulan Stanislav Dragun gagal diantisipasi oleh Petr Cech.

Dengan hasil ini, Arsenal mesti menang dengan margin dua gol saat menjamu BATE di Emirates pekan depan agar bisa melaju ke babak 16 besar Liga Europa.

BACA JUGA: Arsenal Menyulitkan Diri Sendiri

Bagi pecinta sepakbola, nama Bate mungkin terdengar asing. Apalagi bagi traveler, Barysaw atau Borisov yang merupakan kota asal klub sepakbola tersebut juga mungkin tidak ada yang tahun.

Bate mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0 (Vasily Fedosenko/Reurtes)Bate mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0 (Vasily Fedosenko/Reurtes)


Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019) Borisov merupakan kota kecil di negara Eropa Timur, Belarusia. Borisov berada di bagian utara Minsk, ibukota negaranya yang berjarak sekitar 73 km.

Borisov hanya kota kecil. Luasnya sekitar 49 km persegi, dengan penduduk 145 ribu orang. Meski kota kecil, Borisov punya sejarah panjang nan menarik.

Borisov punya banyak bangunan bersejarah (iStock)Borisov punya banyak bangunan bersejarah (iStock)


Kota ini sudah dihuni sejak tahun 1102. Kota di dekat Sungai Berezina ini awalnya adalah bagian kekuasaan dari Kerajaan Lithuania. Setelah itu di tahun 1569, menjadi wilayah Persemakmuran Polandia-Lithuania. Kemudian, dikuasi oleh Rusia yang menguasai seluruh wilayah Belarusia. Hingga di tahun 1990 Belarusia merdeka.

Selain itu, jejak Napoleon juga tersimpan di Borisov. Sejarahnya di tahun 1812, pasukan Napoleon ingin menginvasi Rusia. Sungai Berezina di Borisov menjadi basisnya dan pecahlah pertempuran dengan pasukan rusia di sana.

Berlangsung 3 hari, dari 26-29 November, Napoleon beserta pasukannya harus mundur angkat kaki. Baik Prancis dan Rusia sama-sama menderita kerugian besar. Napoleon pun menyebut Berezina, sebagai bencana.

Menariknya, masyarakat Borisov tetap mengenang pertempuran yang disebut Battle of Berezina tersebut, Tiap tahun, digelar parade yang menggambarkan peperangannya.

Parade Battle of Berezina (iStock)Parade Battle of Berezina (iStock)


Bekas peperangan tersebut, baik dari peralatan perang seperti meriam tersimpan di Borisov State Museum. Soal pariwisata, selain museum itu masih ada beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi.

BACA JUGA: Liburan Pakai Gaji Aaron Ramsey di Juventus, Bisa Buat Apa?

Borisov punya Holy Resurrection Cathedra, suatu katedral suci yang berusia ratusan tahun. Monumen Prince Boris berdiri di tengah kotanya, suatu lambang penghormatan bagi pemimpin pertama di sana.

Bangunan di Borisov juga ada yang bergaya arsitektur Rusia (iStock)Bangunan di Borisov juga ada yang bergaya arsitektur Rusia (iStock)


Suasana khas Eropa Timur begitu kental di Borisov. memang tidak banyak turis yang datang, tapi begitu ke sana siap-siap dibuat jatuh hati.

Pun setelah menaklukan Arsenal, kini Borisov punya sejarah baru lagi. Dengan Bate, tim sepakbolanya yang begitu dielu-elukan masyarakat Borisov. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA