Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Feb 2019 23:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota-kota Paling Bersalju Sedunia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Salju di Quebec, Kanada (REUTERS/Mathieu Belanger)
Salju di Quebec, Kanada (REUTERS/Mathieu Belanger)
Aomori - Bagi traveler yang tinggal di negara tropis, salju adalah barang mewah. Tapi tidak bagi penduduk 10 kota ini, kota paling bersalju sedunia. Apa saja?

Tinggal di negara tropis membuat kita tidak pernah merasakan musim salju sepanjang tahun. Tapi bagi traveler di 10 kota ini, salju tebal adalah pemandangan sehari-hari.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (16/2/2019), 10 kota paling bersalju sedunia ini kebanyakan ada di negara Jepang. Sisanya ada di Amerika Serikat dan juga Kanada. Berikut kota-kota bersalju itu:

10. Buffalo, AS

 (REUTERS/Lindsay DeDario) (REUTERS/Lindsay DeDario) Foto: undefined


Saat musim dingin di Kota Buffalo, AS hujan salju turun hampir setiap hari. Membuat kota ini nyaris tertutupi salju. Rata-rata ketebalan salju di Buffalo nyaris mencapai 2,4 meter.

Apalagi ketika ada fenomena Polar Vortex di AS. Saljunya makin parah. Salju turun di Buffalo biasanya dari bulan Desember sampai Maret.

9. Rochester, AS

Berada di posisi 9, ada kota Rochester di AS yang juga setiap tahun dilanda hujan salju yang parah. Rata-rata ketebalan lapisan salju di Rochester mencapai 2,5 meter setiap tahunnya.

Suhu terdingin di kota ini juga tidak main-main, mencapai -17 derajat celcius. Saat musim panas, keadaan jadi sedikit membaik dengan suhu mencapai 29 derajat celcius.

8. Akita, Jepang

(Kyodo News via Getty Images)(Kyodo News via Getty Images) Foto: undefined


Kota Akita di Jepang menduduki peringkat 8 sebagai kota paling bersalju. Timbunan salju di Akita bisa mencapai 2,7 meter saat musim dingin tiba.

Karena sering turun salju, Akita pun terkenal akan olahraga ski dan snowboardingnya. Traveler bisa menjajal 2 olahraga musim dingin itu di berbagai resort ski yang ada di Akita.

7. Saguenay, Kanada

Di Saguenay, Kanada curah hujan salju juga lumayan tinggi setiap tahunnta. Salju di sini bisa mencapai 3 meteran setiap tahun.

Suhu dingin di kota ini sebagain disebabkan oleh hembusan udara dari Atlantik Utara. Saguenay di mata wisatawan paling terkenal untuk aktivitas main snowmobil hingga memancing ikan di danau beku.

6. Syracuse, AS

(Lucas Jackson/Reuters)(Lucas Jackson/Reuters) Foto: undefined


Syracuse, AS juga diselimuti salju tebal setiap tahunnya. Ketebalannya mencapai lebih dari 3,1 meter. Berlokasi dekat dengan Danau Ontario membuat Syracuse makin sering hujan salju.

5. Quebec, Kanada

Kota Quebec di Kanada juga jadi langganan hujan salju setiap tahunnya. Salju mulai turun di Quebec pada bulan Desember dan berlanjut sampai bulan April.

Untuk memperingati salju tebal yang menyelimuti kota ini setiap tahunnya, biasanya digelar festival dan karnaval musim dingin untuk wisatawan. Festival ini digelar pada bulan Februari.

4. St. John, Kanada

St John di Kanada juga sering dilanda cuaca salju yang cukup ekstrem. Setiap tahun, rata-rata curah hujan salju di kota ini mencapai 3,3 meter.

Bulan paling dingin di St John adalah Februari. Suhu di bulan itu bisa sampai minus 8,6 derajat celcius.

3. Toyama, Jepang

 (CNN Travel) (CNN Travel) Foto: undefined


Selanjutnya, ada Kota Toyama. Kota ini sudah terkenal dengan saljunya. Bahkan di sini ada jalanan dengan dinding salju tebal menghiasi kanan-kirinya.

Curah hujan salju di Toyama mencapai 3,6 meter setiap tahunnya. Salju turun di Toyama pada bulan Desember sampai April.

2. Sapporo, Jepang

Kota Sapporo di Jepang duduk di peringkat 2 sebagai kota paling bersalju. Rata-rata setahun, curah hujan salju di Sapporo mencapai 4,8 meteran.

Salju pun jadi berkah di Sapporo. Kota ini pernah terpilih menjadi venue bagi Olimpiade Musim DIngin pada tahun 1972.

1. Aomori, Jepang

 (Kyodo/Reuters) (Kyodo/Reuters) Foto: undefined


Dengan curah hujan salju mencapai 7.9 meter setiap tahun, Kota Aomori di Jepanf dinobatkan sebagai yang paling bersalju sedunia. Salju di Aomori turun dari bulan November sampai April.

Ahli meteorologi menyebut salju tebal di Aomori turun dipengaruhi angin dingin dan uap udara yang slaing bertabrakan sehingga memmpercepat terbentuknya awan salju di sana. Suhu terdingin di Aomori tercatat sebesar minus 24,7 derajat celcius di tahun 1931.


(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.