Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Mar 2019 23:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sobat Missqueen Mungkin Mau Baca: Modal Rp 3 juta ke Singapura

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Singapura (Gilang Negara/dTraveler)
Ilustrasi Singapura (Gilang Negara/d'Traveler)
Singapura - Liburan ke luar negeri tidak selamanya mahal. Ke negara tetangga, Singapura, punya banyak destinasi wisata menarik dan serba murah meriah.

Beneran deh, ke Singapura nggak selamanya bikin kantong jebol. Kalau kamu tahu tips and tricknya, dijamin liburan asyik nan seru masih bisa dirasakan. detikTravel, Senin (11/3/2019) pun telah merangkumnya.

Berikut beberapa kebutuhan dan itinerary yang dibutuhkan dengan bujet Rp 3 jutaan:

1. Pesawat

Sobat Missqueen Mungkin Mau Baca: Modal Rp 3 juta ke SingapuraBandara Changi (CNBC)


Ke Singapura, jalur yang paling umum adalah melalui udara. Misalnya dari Jakarta, paling murah bisa mendapat sekitar Rp 500 ribuan PP. Apalagi kalau kamu berasal dari Sumatera, bisa lebih murah lagi.

Bujetkan sekitar Rp 500-700 untuk biaya pesawat. Tipsnya, kamu bisa mencari tiket jauh-jauh hari. Hindari pesan tiket mendekati hari raya atau liburan. Kamu bisa memilih pertengahan Januari-Maret, atau Agustus-November. Maskapai bujet pun kini banyak pilihannya, seperti AirAsia, Jetstar, Scoot atau Lion dan Batik Air.

Bandara Changi pun bisa jadi destinasi wisata lho. Banyak atraksi menarik seperti kebun bunga matahari atau taman kupu-kupu. Ada juga mal mirip hutan di Singapura, Jewel Changi yang akan buka April 2019 mendatang.

Paling aman, untuk menghemat biaya kamu bisa pilih penerbangan sore ke malam hari dan kembali pada malam hari. Bisa eksplor Singapura sampai puas!

2. Akomodasi

Memang sih, Singapura punya banyak akomodasi mewah dan serba bintang lima. Tapi bukan berarti, tidak ada akomodasi ramah backpacker.

Ada banyak hostel yang bisa kamu pilih. Misalnya kamu suka kehidupan malam, cobalah cari di Clarke Quay. Beberapa daerah seperti Chinatown, Bugis atau Little India bahkan menyediakan backpacker hostel yang dipatok mulai Rp 150 ribuan atau SGD 15. Hitunglah kamu menginap 3 hari 2 malam, dengan kisaran biaya Rp 200 ribu/malam.

Lebih hemat lagi, kalau sharing bareng teman. Beberapa hotel di Singapura menyediakan kamar yang muat untuk 3 orang. Kisaran hotel bintang 2 untuk 3 orang adalah Rp 800-1 juta per malam, jadi satu orangnya hanya dikenakan biaya Rp 300 ribuan x 2 malam = Rp 600 ribu.

BACA JUGA: April 2019, Ada Hutan Buatan di Bandara Changi Singapura

3. Transportasi

Sobat Missqueen Mungkin Mau Baca: Modal Rp 3 juta ke Singapura MRT di Singapura (dok. MRT Singapore Instagram)


Transportasi di Singapura cukup murah dan mudah buat wisatawan. Ada bus, MRT, LRT dan taksi online.

Kalau kamu solo backpacker, paling efisien naik MRT. Kisarannya sekitar SGD 1-3 (Rp 10-30 ribu), tergantung rute. Untuk pejalan kaki pun sangat nyaman, sehingga lebih hemat biaya transportasi.

Nah, kalau bersama teman-teman, bisa deh naik taksi online. Karena Singapura tidak terlalu luas, dari satu tempat ke tempat lain kisarannya SGD 10-30 (Rp 100-300 ribu). Tapi ingat ya, jika kamu naik taksi saat malam hari, ada charge tambahan 10-20 persen dari harga normal.

4. Makanan

Makanan di Singapura nggak semahal yang kamu kira. Ada hawker, sejenis food court yang menyediakan berbagai macam makanan. Kebanyakan juga cocok di lidah orang Indonesia.

Sekali makan, kamu bisa menghabiskan SGD 2-5 (Rp 20-50 ribu) di Hawker. Tergantunf jenis makanan yang dipilih. Beberapa hawker yang bisa dituju adalah Chinatown Complex Food Centre, Food Court Lucky Plaza atau Maxwell Road Hawker Centre. Kalau mau jajan-jajan, ada es krim Singapura di Orchard Road, harganya cuma SGD 1,5 atau sekitar Rp 15 ribuan saja.

5. Destinasi wisata

Sobat Missqueen Mungkin Mau Baca: Modal Rp 3 juta ke SingapuraMerlion Park (Shinta/detikTravel)


Beberapa spot wisata di Singapura juga ada yang gratis lho. Bahkan tetap menarik untuk dikunjungi.

Misalnya saja ikon Singapura, Merlion Park. Ke sini tidak perlu bayar tiket masuk alias gratis. Marina Bay Sands, hotel dan pusat hiburan ikonik Singapura juga gratis kalau kamu tidak berniat berbelanja.

Beberapa pusat turis seperti Haji Lane, Kampong Glam, Chinatown juga gratis. Ke Sentosa, jika kamu tidak berniat ke aneka atraksi wisatanya juga tidak perlu membayar, hanya cukup mengeluarkan biaya transportasi saja.

6. Oleh-oleh
Sobat Missqueen Mungkin Mau Baca: Modal Rp 3 juta ke SingapuraChinatown di Singapura (Shinta/detikTravel)


Jalan-jalan tidak bawa buah tangan pasti janggal. Jangan bersedih, pergilah ke kawasan Bugis, Chinatown atau Little India. Di sana, aneka suvenir dijual dengan harga miring. Misalnya saja gantungan kunci dijual sekitar SGD 1 (Rp 10 ribuan) atau bundle coklat SGD 10 (Rp 100 ribuan) untuk 3 jenis.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.