Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mar 2019 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nggak Selamanya Mahal, Ini 6 Tempat Wisata Gratis di Melbourne

Shinta Angriyana
detikTravel
Flinders Street di Melbourne (Shinta/detikcom)
Melbourne - Destinasi wisata di luar Asia favorit orang Indonesia salah satunya adalah Australia. Kota paling seru untuk dijelajahi adalah Melbourne.

Terletak di negara bagian Victoria, Melbourne punya banyak keunikan tersendiri. Dengan tata kota yang baik, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi tanpa bikin anggaran traveling jebol.

Mulai dari sejarah, taman kota sampai wisata belanja ramah kantong pun tersedia di Melbourne. detikTravel Senin (25/3/2019) telah mengumpulkan sejumlah tempatnya:

1. State Library of Victoria
 (Shinta/detikTravel) (Shinta/detikTravel)


Perpustakaan umum di jantung kota Melbourne ini jadi bukan hanya sekedar ruang publik. Tetapi juga destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan.

Letaknya di Swanston Street, Melbourne CBD, tepat di depan Melbourne Central. Bagi traveler yang gemar membaca, inilah surganya. Selain itu, State Library Victoria juga menyediakan berbagai tempat untuk membaca atau hanya sekedar bekerja di meja-meja panjang. Bagi turis, di jam-jam tertentu juga ada tur gratis yang dipandu oleh pihak pengelola.

2. Shrine of Remembrance

(Getty Images)(Getty Images)

Penggemar wisata sejarah, tidak lengkap kalau melewati Shrine of Remembrance saat ke Melbourne. Inilah monumen tempat mengenang jasa pahlawan yang sudah berjuang demi Negeri Kanguru.

Monumen ini dibangun untuk mengingatkan warga Australia terhadap para pahlawannya yang gugur dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Museum ini dibangun di atas taman yang sangat indah dengan kombinasi lahan dengan perpohonan dan juga danau yang berisi angsa, bebek, dan burung air lainnya. Letaknya pun menjadi satu area dengan Botanical Gardens, jadi selain wisata sejarah traveler juga bisa menikmati taman kota yang sejuk dan nyaman.

3. Carlton Gardens

 (Shinta/detikcom) (Shinta/detikcom)

Salah satu taman kota yang rapi dan cantik di Melbourne adalah Carlton Gardens. Letaknya tidak jauh dari State Library of Victoria, hanya 10 menit berjalan kaki.

Di sini, traveler bisa duduk santai sembari menikmati udara sejuk. Ada sejumlah danau, tempat bermain basket sampai pepohonan yang cantik. Di kawasan yang sama, ada juga Royal Exhibition Building, gedung serbaguna yang bernuansa sejarah. Jika datang ke sini di momen pameran, biasanya Royal Exhibition Building dibuka untuk umum.

4. Hosier Lane

 (Shinta/detikcom) (Shinta/detikcom)

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Melbourne tanpa ke gang artistik nan Instagenic. Melbourne memang menyediakan gang-gang untuk seniman jalanan berekspresi, dengan menggambar mural yang keren banget.

Yang paling terkenal adalah Hosier Lane. Letaknya tidak jauh dari Flinders Street dan Federation Square. Kalau ke sini, cocoknya siang menjelang sore hari, cocok untuk mengabadikan momen dengan foto-foto keren. Di dalam gang, juga ada beberapa toko yang menjual aneka barang fesyen dengan tema 'street fashion'.

5. Melbourne CBD

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)


Melbourne punya kawasan bisnis dan pusat kota yang keren. Inilah Melbourne CBD, jantung kota yang seru untuk dieksplor.

Gedung-gedung di sini tidak selamanya modern, banyak bangunan tua yang difungsikan sebagai pusat perbelanjaan ataupun perkantoran. Jika traveler berkunjung saat musim semi atau dingin, sangat asyik apabila dinikmati dengan berjalan kaki. Hanya jalan-jalan dan menikmati kota saja sudah menyenangkan. Bagi yang suka foto-foto, sempatkan untuk mengabadikan momen di Flinders Street dan kawasan Bourke, inilah jalanan ikonik di sana.

6. Federation Square

 (Nograhany/detikcom) (Nograhany/detikcom)

Ruang terbuka Melbourne patut diacungi jempol. Federation Square salah satu bukti nyatanya, ruang publik yang jadi destinasi wisata andalan.

Sebenarnya, inilah kawasan gedung modern dan industri kreatif. Di kawasan ini, berdiri gedung media SBS dan museum ACMI (Australia Centre for the Moving Images). Area Federation Square juga menjadi lahan untuk event-event menarik. Jika tidak ada, umumnya turis atau warga lokal menjadikan tempat ini sebagai kawasan nongkrong yang seru.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA