Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Apr 2019 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Eden Hazard dan Kota Serigala

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Instagram/chelseafc)
Foto: (Instagram/chelseafc)
La Louviere - Nama Eden Hazard jadi rumor terhangat di dunia sepakbola, disebut-sebut akan pindah ke Real Madrid. Mengenal Hazard lebih dekat, dia lahir di Kota Serigala.

Teranyar, Eden Hazard jadi bintang kemenangan Chelsea atas West Ham pada lanjutan Premier League, Selasa (9/4/2019) dinihari. Hazard memborong dua gol, dengan gol pertamanya yang disebut-sebut berkelas dan layak jadi gol terbaik Premier League terbaik sepanjang masa.

Hazard pun sudah mencatat 16 gol dengan 12 assist di liga. On fire di lapangan, nama Hazard juga terus panas dibicarakan terkait rumor kepindahannya ke Real Madrid.

BACA JUGA: Liukan Maut Eden Hazard

Mengenal Hazard lebih dekat, pria berusia 28 tahun ini lahir di La Louviere, Belgia. Suatu kota kecil yang berlokasi 50 km dari Brussels, ibukota negara Belgia dan masuk dalam provinsi Hainaut.

Eden Hazard terus on fire bersama Chelsea (Mike Hewitt/Getty Images)Eden Hazard terus on fire bersama Chelsea (Mike Hewitt/Getty Images)


Dihuni sekitar 80 ribu orang, La Louviere berada tak jauh dari perbatasan Prancis. Menariknya, La Louviere dikenal dengan nama The City of Wolves alias Kota Serigala.

Mengapa disebut Kota Serigala?

Ada banyak versi dan legenda. Konon, sama seperti cerita di Roma (Italia), ada manusia yang dibesarkan dan disusui serigala di La Louviere. Selain itu, di abad ke-12, La Louviere merupakan kawasan hutan lebat dan dihuni banyak serigala. Sampai-sampai, tentara Prancis tidak berani ke sana.

Memang, La Louviere masih kurang familiar namanya sebagai destinasi wisata bagi turis. La Louviere sebenarnya adalah kota industri terpenting bagi Belgia. Di abad ke-19, kota ini adalah tempatnya industri batubara yang melimpah dan punya banyak kekayaan tambang. Industri Belgia begitu maju saat itu dan dikenal dengan nama Sillon industriel.
 Lanskap La Louviere (European Best Destination) Lanskap La Louviere (European Best Destination)


Namun kini, industri di sana sudah bergeser ke non-logam. Sisa-sisa sejarah perkembangan industri di La Louviere, hebatnya begitu dijaga dan dirawat. Sampai-sampai UNESCO meenyematkan Situs Warisan Dunia pada Bois-du-Luc dan Canal du Centre.

Dua nama itu menyimpan sejarah mengenai perindustrian di Belgia dan Eropa. Canal du Centre pun sudah jadi ikonnya La Louviere, inilah serangkaian empat lift perahu hidrolik yang begitu canggih di masanya.

Canal du Centre (iStock)Canal du Centre (iStock)


Ada 4 museum di La Louviere, yakni Keramis Ceramics Centre, Musee Ianchelevici, Centre Daily Bul & C dan Centre of Engraving and Printed Images. Untuk urusan budaya, La Louviere punya banyak karnival tiap tahun dengan menampilkan kebudayaan khas Belgia.

BACA JUGA: WAGs Belgia dan Pantai Cantik yang Dikunjunginya


Terakhir, La Louviere memiliki banyak kanal yang begitu asri. Ada beberapa operatur tur yang menawarkan paket menyusuri kanal di sana naik boat. Selayaknya, Kota Amsterdam di Belanda saja.
Berbagai festival di La Louviere (European Best Destination)Berbagai festival di La Louviere (European Best Destination)


Memang, La Louviere masih belum terkenal namanya sebagai destinasi wisata di Belgia. Namun bagi fans Eden Hazard, cobalah main-main ke sana bak Hidden Gem saja.

Selamat datang di Kota Serigala, kampung halamannya Hazard. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED