Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2019 19:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata ke 'Mars' Made in China

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
C-Space Project Mars buatan China di Gurun Gobi (Thomas Peter/Reuters)
C-Space Project Mars buatan China di Gurun Gobi (Thomas Peter/Reuters)
Jinchang - Hidup di Mars mungkin terdengar seperti kisah dalam sebuah film fiksi ilmiah. Cuma kalau kamu mau coba, bisa mampir ke 'Mars' buatan China di Gurun Gobi.

Tak hanya pandai mengimitasi landmark populer dunia dan menghadirkannya, China juga tengah menghadirkan 'Mars' di tengah Gurun Gobi. Bukan Mars dalam artian sebenarnya, tapi perkemahan ala-ala yang tampak seperti sungguhan.'Mars' ala China itu pun dibangun sekitar 40 km dari Kota Jinchang.

Dilansir detikcom dari Reuters, Selasa (23/4/2019), komplek wisata yang terinspirasi dari Mars itu diberi nama C-Space Project Mars dan baru saja dibuka untuk umum Rabu pekan lalu (17/4).

Lokasinya ada di Gurun Gobi (Thomas Peter/Reuters)Lokasinya ada di Gurun Gobi (Thomas Peter/Reuters)
Area itu pun melingkupi sekitar seperlima luas lapangan American football. Diciptakan oleh perusahaan media dan pemerintah di Provinsi Gansu.

BACA JUGA: Fenomena Gunung 'Melayang' di China

Layaknya di Mars, fasilitas di sana terdiri dari sejumlah modul yang saling terhubung. Termasuk di dalamnya sebuah green house dan lorong khusus untuk dekompresi.

Semenjak dibuka, C-Space Project Mars telah ramai didatangi oleh wisatawan hingga pelajar. Animonya cukup baik.

"Saya sangat senang bisa berada di sini. Kami melihat Monolith, sebuah kawah dan gua. Lebih baik dari Mars yang saya bayangkan," ujar salah satu pelajar berumur 13 tahun asal Jinchang

Sejumlah pelajar yang tengah menjajalnya (Thomas Peter/Reuters)Sejumlah pelajar yang tengah menjajalnya (Thomas Peter/Reuters)
Lebih serius lagi, pihak pencipta C-Space Project Mars juga telah bekerjasama dengan pihak Astronauts Center of China (ACC). Di mana lokasi itu juga dijadikan sebagai bakal pelatihan astronot.

"Kami harap tempat ini dapat membuat mereka merasakan semangat penjelajahan luar angkasa, tak hanya pengalaman dari sebuah teknologi," ujar CEO Jinchang Star Universe Culture & Tourism Investment Co, Bai Fan selaku pengelola C-Space Project Mars.

Selain jadi tempat simulasi luar angkasa, pihak pemerintah pun berharap agar nantinya C-Space Project Mars dapat meningkatkan kunjungan wisata dari turis yang ingin merasakan suasana ala Mars.

Sudah mirip dengan di Mars belum? (Thomas Peter/Reuters)Sudah mirip dengan di Mars belum? (Thomas Peter/Reuters)
Malah ada rencana, kalau C-Space Project Mars akan diperluas hingga 67 km persegi. Targetnya adalah 2 juta pengunjung di tahun 2030.

Namun, C-Space Project Mars bukanlah 'Mars' pertama buatan China. Di bulan Maret lalu, China juga telah membuat Desa Mars di perbatasan Qinghai-Tibet bulan Maret lalu. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED