Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Mei 2019 09:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneka Olahan Madu, Oleh-oleh Wajib dari Thailand

Shinta Angriyana
detikTravel
Peternakan Big Bee Farm (Shinta/detikcom)
Peternakan Big Bee Farm (Shinta/detikcom)
Pattaya - Bukan cuma street food dan aneka wisata belanja murah, Thailand punya oleh-oleh wajib dibawa pulang lainnya. Contohnya, berbagai olahan madu.

Pemerintah Thailand melalui sejumlah agen pariwisata mewajibkan untuk membawa turis ke sejumlah tempat. Salah satunya adalah peternakan lebah, yang menghasilkan beberapa produk olahan.

Inilah Big Bee, salah satu tempat penghasil aneka olahan madu yang letaknya berada di Pattaya-Chonburi. Tidak jauh dari pusat kota Pattaya. detikcom sempat berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Big Bee biasa menerima tamu dari berbagai negara. Sehingga, pemandu wisatanya pun beragam dan dapat berbicara sejumlah bahasa. Termasuk, Bahasa Indonesia.

Aneka Olahan Madu, Oleh-oleh Wajib dari ThailandLebah yang diternakkan (Shinta/detikcom)

Pemandu kami pun berbahasa Indonesia. Menjelaskan singkat berbagai lebah yang diternakkan dan diambil sari madunya, bagaimana olahan madu tersebut sampai akhirnya dijelaskan beberapa hal mengenai sejarah madu dan kebudayaanya di aneka kepercayaan.

BACA JUGA: Thailand: Antara Seks, Gender dan Kehidupan Religius

Traveler pun bahkan diajak belajar bagaimana cara membenakan madu murni dan tidak. Misalnya, apabila madu murni tidak akan putus jika terus ditarik ke atas. Selain itu, madu murni juga tidak tercampur dengan air.

Aneka Olahan Madu, Oleh-oleh Wajib dari ThailandRuangan untuk belajar madu dan lebah (Shinta/detikcom)

Pengunjung bisa membeli berbagai produk andalan untuk dibawa pulang. Seperti madu murni, propolis, sampai obat-obatan untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, di sini juga ada produk kecantikan sampai aneka teh dan kopi madu lho. Bisa banget jadi buah tangan untuk kerabat di Tanah Air.

Aneka Olahan Madu, Oleh-oleh Wajib dari ThailandAneka suvenir (Shinta/detikcom)

Di sebelah toko suvenir, juga ada kios yang menjual aneka makanan olahan madu. Salah satu yang direkomendasikan adalah es krimnya. Lezat dan segar! (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA