Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Mei 2019 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Tembok Besar China, Ini Tembok Besar Kroasia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Tembok Besar Ston di Kroasia (iStock)
Tembok Besar Ston di Kroasia (iStock)
Ston - Nun jauh di Kroasia, ada destinasi wisata yang serupa dengan Tembok Besar China. Spot ini bernama The Walls of Ston alias Tembok Besar Ston.

Tembok Besar China rupanya ada juga di Kroasia. Terletak di Dalmatia, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Dubrovnik, berdiri Tembok Besar Ston yang belum banyak traveler tahu.

Dilihat detikcom dari laman resmi Ston Tourism Board, Minggu (12/5/2019), Tembok Besar Ston adalah dinding pertahanan terpanjang kedua di dunia. Panjang tembok ini kurang lebih 5 Km saja.

BACA JUGA: Danau Plitvice, Surga Kembar 16 dari Kroasia

Jika dibandingkan dengan Tembok Besar China yang duduk di peringkat pertama, sangat jauh perbandingannya. Tembok Besar China sendiri panjangnya mencapai 21.196 km.

The Walls of Ston dibangun untuk melindungi Kota Ston pada abad ke 14. Tembok ini dibangun ketika Ston resmi menjadi bagian dari Republik Dubrovnik, dan digunakan sebagai benteng perlindungan.

Bukan Tembok Besar China, Ini Tembok Besar Kroasia Tembok ini dibangun untuk melindungi Kota Ston (iStock)

Panjang asli tembok ini sebenarnya mencapai 7 km. Sementara ketinggiannya bervariasi, dari 5 sampai 10 meter.

Namun sayang beberapa bagian tembok runtuh karena bencana gempa bumi yang melanda Krosia beberapa tahun lalu. Sebuah proyek restorasi pun sedang dilakukan untuk mengembalikan tembok besar ini sama seperti kondisi aslinya.

Traveler pun bisa jalan-jalan di tembok besar ini. Banyak turis yang menyebut destinasi ini sebagai 'European Wall of China'. Setiap tahun di sini diadakan acara Ston Wall Marathon yang hanya diikuti oleh ratusan peserta.
Bukan Tembok Besar China, Ini Tembok Besar Kroasia Setiap tahun digelar lomba lari marathon di sini (iStock)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA