Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Mei 2019 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seperti di Alam, Ini Masjid Turki yang Terinspirasi Ayat Alquran

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid Hamamiye Camii di Turki (ilmfeed/Facebook)
Masjid Hamamiye Camii di Turki (ilmfeed/Facebook)
Kirsehir - Singgah ke Masjid Hamamiye Camii di Turki, traveler dijamin akan dibuat mengucap Masya Allah. Seperti di alam, masjid ini terinspirasi ayat Alquran.

Berlokasi di Kota Kirsehir, Turki Tengah, Masjid Hamamiye Camii tak ada ubahnya dengan sebuah oase yang menyajikan keteduhan dari fananya dunia.

Dikumpulkan detikcom, Senin (13/5/2019), masjid ini dihiasi oleh lukisan pepohonan hijau serta air terjun di bagian mimbar seperti diberitakan situs Islamic Information.

Masjid ini berada di Kota Kirsehir, Turki (ilmfeed/Facebook)Masjid ini berada di Kota Kirsehir, Turki (ilmfeed/Facebook)
Lukisan yang tampak seperti aslinya itu pun kian hijau dengan karpet masjid yang juga bernuansa rumput. Ilustrasi langit berwarna biru juga menghiasi dinding masjid tersebut.

Sejarahnya, masjid itu pertama kali dibangun tahun 1910 oleh kekhalifahan Utsmani dan dinamakan sesuai khalifah terhebat saat itu, Amir al-Mu'minin Sultan Abdulhamid II Khan.

Seiring dengan berakhirnya kekhalifahan Utsmani, masjid itu pun sempat terbengkalai sebelum dihancurkan dan dibangun kembali. Saat direnovasi, masjid itu pun mendapat nama baru seperti yang dikenal sekarang.

Serasa oase yang hijau (ilmfeed/Facebook)Serasa oase yang hijau (ilmfeed/Facebook)
Terinspirasi dari Alquran, ayat 22 Surat Al Baqarah, masjid itu didesain menyerupai gambaran surga yang asri dan hijau. Desain lukisannya pun dibuat oleh seorang arsitek berkebangsaan Azerbaijan.

Keindahan masjid dan karya arsitek itu pun sempat viral dan dibagikan baik orang muslim maupun non-muslim di Facebook. Saking indahnya, tak sedikit yang memuji masjid tersebut.

"Rasanya saya seperti beribadah di surga," ujar salah satu umat di sana.

Imam masjid, Sefa Ekinci bercerita kalau ia dan segenap umat di sana telah berusaha semaksimal mungkin untuk mempercantik masjid tersebut.

Di luar umat Muslim, masjid itu pun juga jadi daya tarik wisata atas keindahannya. Traveler yang liburan ke Turki mungkin wajib memasukkan masjid ini ke dalam bucket list Anda. (sna/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED