Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Mei 2019 19:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Belajar Toleransi dari Masjid Putih di Israel

Bona
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)
Nazaret - Setiap agama mengajarkan tentang kebaikan dan toleransi kepada sesama. Rasanya tak ada yang lebih mesra dari toleransi yang diberikan oleh The White Mosque.

The White Mosque atau Masjid Putih adalah salah satu rumah ibadah di Nazaret, Israel. Tak seperti namanya, bangunan masjid ini justru berwarna kuning muda, seperti diintip detikcom, Selasa (14/5/2019) dari situs resminya.

Nama White Mosque memang sengaja diberikan sebagai simbol dari rumah ibadah. Pesan kemurnian, transparansi dan kesederhanaan diharapkan akan memancar dari nama tersebut.

Menjadi masjid paling kuno di Nazaret, White Mosque menjadi pusat budaya dan agama yang penting. Masjid bergaya arsitektur ottoman ini sangat mudah ditemukan karena berada di area pasar Center of Nazareth Old Market.

 (iStock) (iStock)

Berada dalam komunitas Kristen, tak membuat umat Muslim di Nazaret jadi berbeda. Masyarakat Kristen dan Muslim di Nazaret punya tradisi toleransi yang bisa dibilang mesra.

Saat ada hari raya umat Kristen, White Mosque akan mengirimkan delegasi untuk hadir dan mewakili masjid dalam acara keagamaan Kristen. Imam juga akan menyebutkan hari libur tersebut saat salat Jumat.

Menurut catatan sejarah, bagian pertama dari masjid ini dibangun pada tahun 1785. Saat itu Gubernur Acre, Pasha al-Jazzar memerintahkan Sheikh Abdullah Alfahum Eel Ninni untuk melakukan pembangunan masjid.

Bukan cuma pembangunan masjid, Eel Ninni juga diminta untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan penduduk Nazaret. Karena jasanya, Sheikh Abdullah Alfahoum Eel Ninni dimakamkan di masjid ini.

 (iStock) (iStock)


Sampai sekarang The White Mosque dikelola oleh keluarga Alfahum. Ini menjadi bukti bahwa keturunan Alfahum menjadi keluarga paling dihormati di Nazaret.

Siapa pun boleh masuk ke masjid ini dengan syarat berpakaian sopan dan mengobrol dengan suara pelan. Tak ada biaya yang dikenakan untuk wisatawan yang mau berkunjung.

The White Mosque boleh dikunjungi tiap hari. Tapi disarankan untuk tidak berkunjung pada waktu salat tiba. Karena takut mengganggu jalannya ibadah.


(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!