Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Mei 2019 22:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Akhmad Kadyrov, Lambang Damai di Mantan Negeri Komunis

Bona
detikTravel
Masjid Akhmad Kadyrov (iStock)
Masjid Akhmad Kadyrov (iStock)
Grozny - Sebuah bangunan bernama Masjid Akhmad Kadyrov begitu menarik perhatian. Jadi yang terbesar di Eropa, masjid ini juga simbol damai di Rusia.

Namanya Masjid Akhmad Kadyrov, di Grozny, Chechnya, Rusia. Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Minggu (19/5/2019) masjid ini mendapat gelar terbesar di Eropa.

Mari mulai membahas sejarah pembangunan Masjid Akhmad Kadyrov. Masjid Akhmad Kadyrov sudah mulai dikerjakan pada akhir tahun 1990-an. Namun karena perang, pembuatan masjid ini terpaksa tertunda dan baru kembali dibangun pada tahun 2006.

Kemudian, pada 16 Oktober 2008, masjid ini resmi dibuka. Penamaan masjid ini diambil dari nama presiden pertama Chechnya, Akhmad-Hadji Abdulhamidovich Kadyrov.

(iStock)(iStock)

Masjid ini tak hanya dibangun atas dasar kebutuhan jamaah. Masyarakat ingin punya lambang kedamaian di Kota Grozny. Masjid ini diharapkan menjadi langkah awal dari wujud perdamaian di Rusia.

Karena kehadirannya yang begitu menawan, masjid ini mendapat julukan The Heart of Chechnya. Kalau melihat keindahan bangunan, traveler pasti setuju dengan julukan tersebut.

BACA JUGA: Masjid Ini Kumandangkan Azan dengan 7 Muazin

Mendapat predikat jadi yang terbesar di Eropa membuat kamu bertanya-tanya seberapa besar bangunan masjid ini?

The Heart of Chechnya berdiri di atas tanah seluas 14 hektar. Dalam satu waktu ibadah, masjid ini bisa menampung sekitar 10.000 jamaah. Area yang luas membuat masjid ini punya beberapa bagian yaitu air mancur, jalan setapak, lentera, dan lorong bunga.

(culture.ru)(culture.ru)

Selain luas, masjid ini juga punya 4 minaret tertinggi yaitu 63 meter. Menara ini terinspirasi dari Blue Mosque di Turki. Kubahnya saja diberi warna biru.

Begitu melangkah kan kaki ke dalam masjid, traveler akan dibuat lebih kagum lagi. Bagian dalam masjid ini dibangun dengan marmer putih dibawa dari Marmara Adasi. Ini adalah daerah yang terkenal dengan tambang batu dari zaman kuno pulau di Laut Marmara, Provinsi Balikesir di Turki.

(culture.ru)(culture.ru)

Menengok ke bagian atas, ada banyak lampu kristal menambah kesan mewah di dalam masjid. Jangan langsung tercengang sampai Anda lihat ke lekukan kubah masjid. Di lekukan itu ada kaligrafi cantik bertuliskan huruf Arab dari Surat Al Ikhlas.

Dibagian depan ada mihrab yang menghadap Mekah. Mihrab tersebut memiliki lebar 4,6 meter dan tinggi 8 meter. Semuanya dibalut dengan marmer putih yang indah.

Menjadi ikon dari Grozny, Masjid Akhmad Kadyrov menjadi salah satu destinasi di Rusia. Sebagai mantan negari komunis, kehadiran Masjid Akhmad Kadyrov membawa pesan positif tentang adanya toleransi dan agama. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA