Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Mei 2019 18:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Libur Lebaran ke Luar Negeri, Ini Berbagai Destinasi Serunya

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Big Ben (iStock)
Ilustrasi Big Ben (iStock)
Jakarta - Momen lebaran jadi ajang hari libur yang cukup panjang. Kalau begitu, saatnya coba pengalaman baru dengan liburan di luar negeri.

Setiap negara memiliki sejumlah tradisi untuk merayakan Idul Fitri. Kalau di Indonesia masyarakat umumnya mudik ke kampung halaman dan bersilaturahmi ke berbagai negara, bagaimana dengan negara lainnya?

Berdasarkan rilis yang diterima detikcom dari Agoda, Jumat (24/5/2019) ada 6 negara yang merayakan tradisinya berbeda-beda. Bahkan, jadi daya tarik tersendiri untuk berlibur ke aneka tempat tersebut lho.

Berikut selengkapnya, destinasi untuk libur lebaran sekaligus berbagai perayaannya:

1. New York, AS

(Ka-Man Tse/ Times Square Arts)(Ka-Man Tse/ Times Square Arts)

Siapa yang tidak ingin berkunjung ke 'City that Never Sleeps' ini? Ternyata, semarak Idul Fitri masih bisa ditemukan lho.

Traveler bisa berkunjung ke penyalaan lampu Empire State Building, atau menikmati suasana lebaran di Islamic Cultural Center. Jangan lupa jalan-jalan ke New York Museum atau Times Square yang ikonik di berbagai film ya!

2. London, Inggris

Bukan negara mayoritas Muslim, tetapi masyarakat penganut Islam di London punya tradisi yang tidak jauh berbeda seperti Indonesia.

(Titry Frilyani/d'Traveler)(Titry Frilyani/d'Traveler)

Umumnya, masyarakat Muslim dirayakan dengan salat Idul Fitri, kemudian mengunjungi keluarga atau kerabat dengan suguhan masakan tradisional. Traveler juga bisa berkunjung ke perayaan festival Idul Fitri di Trafaigar Square dengan berbagai pertunjukan tanggal 8 Juni mendatang.

3. Srinagar, Kashmir, India

India punya sudut alam yang indah di Khasmir. Bisa jadi alternatif kamu jika ingin berlibur ke luar negeri saat momen lebaran.

(Ovi Norfiana/dTraveler)(Ovi Norfiana/dTraveler)

Kalau mau menunaikan ibadah, bisa ke Hazratbal, sebuah tempat suci yang disebut sebagai peninggalan Nabi Muhammad SAW. Berbagai kuliner lezat seperti sheer kurma atau pudding lezt juga bisa ditemukan di sini. Cicicpi juga kebab, kahwah atau chai, teh asli dengan rempah-rempah.

4. Arab Saudi

(Anni Rohimah/d'Traveler)(Anni Rohimah/d'Traveler)

Ke Arab Saudi, bukan hanya untuk menunaikan ibadah. Wisata religi yang menyenangkan juga bisa ditemukan di sana.

Umumnya, orang Arab Saudi tidak berbeda dengan Indonesia. Mereka umumnya berkumpul di rumah saudara tertua saat Idul Fitri. Selain itu mereka juga bersilaturahmi, mengunjungi teater, melihat pertunjukan kembang api di sana. Jangan lupa berkunjung ke area pesisir Jeddah Corniche dan Al Balad, kota tua Arab Saudi.

BACA JUGA: Mudik ke Banyumas, Ada Kampung yang Unik Nih

5. Uni Emirat Arab

(Getty Images)(Getty Images)

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Uni Emirat Arab. Seperti menikmati hari-hari terakhir puasa dengan berbuka di Dubai Opera, atau mencoba berbagai aktivitas khusus di IMG Worlds of Adventures.

Traveler juga bisa naik ke Burj Khalifa di Dubai, atau mencoba safari dessert yang menyenangkan. Pastinya, jadi pengalaman baru!

6. Istanbul, Turki

(Yudha ae/d'Traveler)(Yudha ae/d'Traveler)

Datanglah menjelang hari terakhir berpuasa menuju Idul Fitri. Traveler mungkin melihat pemain-pemain gendang Ramadan tampil pada waktu fajar menyingsing di sepanjang jalan saat mereka membangunkan penduduk untuk sahur, makanan terakhir sebelum memulai hari berpuasa.

Ada juga festival perman di Turki dengan aneka makanan manis seperti baklava atau turkish delight. Jangan lupa membawanya untuk oleh-oleh kerabat ya. Selain itu, jangan lupa untuk berkunjung ke Hagia Sophia atau Sungai Bosphorus. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED