Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jun 2019 02:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ya Cuma... Gembok Cinta

Afif Farhan
detikTravel
Gembok Cinta di Namsan Tower (Afif Farhan/detikTravel)
Gembok Cinta di Namsan Tower (Afif Farhan/detikTravel)
Seoul - Bicara soal traveling ke Korea Selatan, ada banyak destinasi wisatanya. Paling terkenal, adalah Heart Lock alias Gembok Cinta di Namsan Tower.

Belum lama ini bersama rombongan d'Traveler Goes to Korea dan tiket.com, detikTravel menjelajahi Korea Selatan. Dari wisata alam, budaya hingga kuliner, Korea Selatan cukup memikat.

Meski negara kecil, Korea Selatan memaksimalkan segala potensi wisatanya. Pulau Nami misalnya, sebenarnya hanya deretan pepohonan pinus yang rapi. Tetapi lewat berbagai film drama Korea sampai diberi julukan negara dalam negara, Pulau Nami sungguh begitu terkenal mendunia.

Contoh lainnya adalah Namsan Seoul Tower atau cukup disebut Namsan Tower. Suatu ikon Kota Seoul, yang menjadi destinasi favorit turis mancanegara. Awalnya hanya menara pemancar untuk radio dan televisi sejak tahun 1969, lalu berubah fungsi jadi tempat wisata di tahun 1980.

Namsan Tower (Afif Farhan/detikTravel)Namsan Tower (Afif Farhan/detikTravel)


Namsan Tower bukan hanya sekadar bangunan. Area dek observasi dibikin dengan nyaman, membuat turis bisa melihat lanskap Seoul yang cantik dari ketinggian. Pun disediakan pula, Heart Lock alias Gembok Cinta.

Berada di dekat bagian pintu keluar, Gembok Cinta tersebut selalu padat oleh turis. Berpasang-pasangan, saling berfoto dan mengunci gembok sebagai lambang cinta abadi.

Gembok Cinta di Namsan Tower (Afif farhan/detikTravel)Gembok Cinta di Namsan Tower (Afif Farhan/detikTravel)


Berbagai warna, ukuran hingga gemboknya begitu unik. Tulisan 'I Love You' dibubuhi di gembok-gemboknya, ada juga tulisan dalam berbagai bahasa dengan makna yang sama.

Tak hanya itu, malah ada yang 'menggembok' foto bersama pasangan. Kalau diperhatikan, banyak pula yang gembok-gemboknya sudah karatan. Mungkin sudah bertahun-tahun lamanya.

Gembok-gemboknya yang sudah karatan (Afif farhan/detikTravel)Gembok-gemboknya yang sudah karatan (Afif farhan/detikTravel)


Saya sebenarnya penasaran tentang sejarah Gembok Cinta di Namsan Tower ini. Apakah ada sejarah tersendiri, semacam Romeo Juliet ala Negeri Gingseng?

Dari beragam informasi di internet dan pemandu wisata di Korea Selatan, rupanya tidak ada sejarah semacam itu. Gembok Cinta adalah objek wisata man made alias buatan manusia.

Beberapa cerita yang beredar, katanya barang siapa yang menggembok cinta di sana dan melempar kuncinya jauh-jauh, maka cintanya akan abadi. Namun, cerita itu pun belum teruji kebenarannya.

Menggembok foto bersama pasangan (Afif Farhan/detikTravel)Menggembok foto bersama pasangan (Afif Farhan/detikTravel)


Tapi nampaknya, hanya saya saja yang menganggap serius mengenai Gembok Cinta ini. Toh orang-orang yang datang ke sana, dari berbagai dunia tak ambil pusing. Raut mukanya girang dan penuh kemesraan.

Mereka pun rela merogoh kocek 15.000 Won atau setara Rp 180 ribu untuk membeli gemboknya (juga biaya masuk Namsan Tower sebesar 10.000 Won atau setara Rp 100 ribuan). Oh iya, dilarang melempar kuncinya ke tanah ya, karena sudah disediakan suatu kotak khusus untuk menaruh kuncinya. Sayang dong, kalau kunci-kuncinya malah merusak lingkungan.

Pemerintah Korea Selatan pun mempromosikan destinasi Gembok Cinta ini sebagai suatu destinasi yang wajib dikunjungi. Dibalut panorama indah dan bumbu-bumbu cerita, turis lantas berbondong-bondong ke sana.

Ya cuma Gembok Cinta, namun bisa jadi destinasi ternama di Korea Selatan.

(Afif Farhan/detikTravel)(Afif Farhan/detikTravel)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA