Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jul 2019 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Landasan Pacu Pesawat yang Kadang Ada, Kadang Tiada

Afif Farhan
detikTravel
Selamat datang di Bandara Barra (iStock)
Selamat datang di Bandara Barra (iStock)
Castlebay - Inilah satu-satunya landasan pacu pesawat yang kadang ada, kadang tiada. Terang saja, itu berupa pasir pantai yang kadang tertutup air pasang!

Dilansir dari CNN Travel, Rabu (17/7/2019) inilah Bandara Barra di Skotlandia. Salah satu bandara yang masuk dalam daftar bandara paling unik di dunia, karena landasan pacunya.

Bandara Barra berada di Pulau Barra, yang terlepas dari daratan Utama Britania Raya. Kalau naik kapal laut, cukup membutuhkan waktu lama dan tidak efektif, oleh sebab itu satu-satunya cara ke sana adalah dengan naik pesawat.

BACA JUGA: Bandara-Bandara Paling Indah Buat Pesawat Mendarat

Pesawat yang mendarat di Bandara Barra pun bukan sembarang pesawat. Highlands and Islands Airports Limited (semacam pengelola bandara di Skotlandia), hanya mengizinkan pesawat jenis Twin Otter yang boleh terbang ke sana.

Pesawatnya kecil (pesawat perintis) dan hanya bisa menampung sampai 10 orang. Para penduduk di Pulau Barra menggunakannya untuk mobilisasi ke kota Glasgow, kota terbesar di Skotlandia.

Bandara Barra di Skotlandia (iStock)Bandara Barra di Skotlandia (iStock)


Pendaratan di Pasir Pantai

Landasan pacu pesawat di Bandara Barra berupa pasir pantai yang membentang luas. Inilah yang jadi daya tarik Pulau Barra, yang membuat ribuan turis datang ke sana tiap tahunnya untuk merasakan pengalaman tiada dua tersebut.

Para penumpang akan melihat lautan biru luas, serta bentangan pasir pantai berwarna putih. Begitu pesawat mendarat, siap-siap merasakan sensasi terguncang-guncang ya!

Namun ingat, penerbangan ke Bandara Barra hanya berlangsung 2 kali dalam sehari dan dilayani oleh maskapai Loganair. Jadwal penerbangannya hanya di siang hari, yakni keberangkatan dari Glasgow pada pukul 11.30 dan mendarat pukul 11.50. Lalu penerbangan dari Bandara ke Glasgow pada pukul 14.15 dan tiba pukul 14.35.

Pesawat yang mendarat di Bandara Barra (iStock)Pesawat yang mendarat di Bandara Barra (iStock)


Mengapa hanya di siang hari? Sebab saat itulah jadwal air lautnya sedang surut. Sehingga, pesawat bisa mendarat di Bandara Barra.

Ya... kadang landasan pacunya ada dan kadang tiada.

Bandara Barra tidak melayani penerbangan di luar waktu tersebut, apalagi kalau malam hari. Bahkan ketika cuaca sedang buruk, misal badai dan ketinggian air naik di bandaranya, maka penerbangan akan dibatalkan.

Turis yang mendarat di Bandara Barra, langsung ketemu pasir pantai! (iStock)Turis yang mendarat di Bandara Barra, langsung ketemu pasir pantai! (iStock)


Jangan kira ini bandara baru, Bandara Barra telah beroperasi selama 80 tahun dari pertama kali diresmikan. Menurut catatan sejarah, sebuah pesawat pertama kali mendarat di Pantai Traigh Mhor, Skotlandia pada bulan Agustus 1936. Pendaratannya pun selamat dan lancar, sehingga Pantai Traigh Mhor langsung dijadikan sebagai landaran udara dan jadilah bernama Bandara Barra.

Pulau Barra sendiri punya 4 kota yakni Kota Castle Bay yang lokasinya paling dekat dari Bandara Barra, Borve, Northbay dan Eooligarry. Penduduknya sekitar 1.200-an orang.

Bandara Barra terbilang sibuk, meski bandara kecil tapi melayani 10 ribu penumpang tiap tahun. Apa nanti kamu berminat ke sana?



Simak Video "2020 Bandara Kertajati Layani Penerbangan Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA