Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jul 2019 21:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Toilet Pintar dari Australia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Toilet pintar di Australia (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Toilet pintar di Australia (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Perth - Ada yang bilang, sebuah rumah yang nyaman dilihat dari kamar mandinya. Mari kita lihat kerennya Australia dari fasilitas umum toilet modernnya.

detikcom menyambangi Australia tepatnya Kota Perth beberapa waktu lalu. Fasilitas toilet umum sudah menggunakan mesin.

Jadi, semua aktivitas pengguna dari luar toilet sudah dikalkulasikan dan diprediksi. Oleh karenanya, kamu yang menggunakan tinggal memencet atau meraba tombol-tombol yang berfungsi masing-masing.

Toilet yang saya coba gunakan ada di kawasan Elizabeth Quay, tepatnya ada di depan The Bell Tower. Berbentuk kotak minimalis, warnanya cokelat.

Di pojokannya terdapat keran air minum. Bagaimana cara menggunakannya?

Ada dua kamar toilet di tiap lokasi. Anda hanya perlu menyentuh tombol bersimbol telapak tangan untuk membuka pintunya.

Setelah disentuh, oleh sensornya akan membuka pintu gesernya. Ada beberapa tanda warna yang menyatakan apakah toilet sedang digunakan atau tidak, yakni hijau saat kosong, kuning saat terisi, merah saat tertutup, dan biru saat akan selesai digunakan.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/07/17/c2a2248f-0e72-42e8-ab02-382b6c183f14.mpo?a=1
Sensor pembuka pintu dan petunjuk toilet (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Toilet ini dapat digunakan oleh semua usia dan bahkan ramah bagi disabilitas pengguna kursi roda. Lalu apa yang ada di dalamnya?

Ada sebuah toilet duduk, pegangan untuk disabilitas, keran air, tempat sampah biasa, tempat sampah pembalut, tempat sampah barang-barang runcing

Jika Anda ke sana pasti kurang nyaman. Karena, tidak ada air untuk menyiram setelah selesai buang air besar. Hanya ada tisu yang hanya mau keluar sedikit saja ketika disentuh sensor di samping kanan.

Toilet duduk (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)Toilet duduk (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Solusinya, bawah botol besar ke dalam toilet dan isi ulang di kerannya. Penulis mempraktikannya sendiri dan cukup membantu.

Kerannya sendiri tak hanya mengucurkan air. Ada pula sabun dan pengering tangan yang semuanya mengandalkan sensor gerak.

Untuk keluar dan menutup pintu toilet ada tombolnya sendiri di dalam kamar. Oiya, kamu jangan kelamaan buang airnya, karena ada batasan waktu selama 10 menit saja.

BACA JUGA: Kamu Pasti Nggak Percaya, Ini Toilet di Dalam Akuarium

Jika dalam waktu tersebut kamu tidak keluar maka pintu toilet akan terbuka dengan sendirinya. Dan, akan ada peringatan di pojok kanan atas berupa lampu berkedip.

Terakhir, kamu jangan membuang apapun ke dalam toilet ya. Jika toilet tidak digunakan, maka fasilitas ini akan membersihkan dirinya sendiri. Canggih bukan?

Simak Video "Bersantai di Taman Kota Gratis dan Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA