Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jul 2019 17:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau di Jepang Punya Rahasia Panjang Umur

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Warga Okinawa melakukan Tari Eisa (Masaul/detikcom)
Warga Okinawa melakukan Tari Eisa (Masaul/detikcom)
Okinawa - Jepang memiliki Kepulauan Okinawa yang kerap disebut sebagai Taman Dewa. Penduduk di sana disebut punya rahasia panjang umur.

Okinawa memang memiliki penduduk dengan usia yang panjang seperti banyak diberitakan media internasional. News.com Australia adalah salah satunya yang memberitakan soal hal ini seperti dilihat detikcom, Senin (22/7/2019).

Pulau ini menjadi populasi paling lama hidupnya di dunia. Jika berkunjung ke pulau indah ini, Anda tidak hanya akan melihat manula yang berusia 90 tahun memanen buah, tetapi juga akan melihat mereka membajak ladang dan bersepeda.

Berada sebelah selatan dataran Jepang, pulau yang beriklim tropis dan memiliki laut yang biru kehijauan ini memiliki harapan hidup yang tinggi bagi penduduknya. Secara umum, usia penduduk Jepang rata-rata penduduk laki-laki mencapai 84 tahun dan penduduk perempuan 90 tahun. Okinawa merupakan tempat tinggal orang tertua di dunia, usianya mencapai 116 tahun.

Okinawa di JepangOkinawa di Jepang (Masaul/detikTravel)
Okinawa memiliki lima kali lebih banyak tingkat penduduk dengan umur panjang dibanding negara lain. Tidak hanya itu, tingkat penyakit yang mewabah disana pun seperti kanker, jantung, stroke, depresi jauh di bawah rata-rata. Bahkan pada usia 97 tahun, penduduk Okinawa masih hidup mandiri. Tinggal di rumah sendiri, bekerja bahkan memasak makanan mereka sendiri.

Setelah melakukan penelitian yang panjang terkait alasan di balik populasi yang memiliki umur panjang, Dr Bradley Wilcox dari Okinawa mengungkapkan alasan mengejutkan. Ia berkata ada perbedaan fisiologis antara kita dan penduduk Okinawa. Warga Okinawa memiliki usia yang lambat. Mereka bisa terlihat 20 tahun lebih muda dari usia mereka yang sesungguhnya. Apa rahasia awet muda mereka?

Pertama, adalah faktor makanan. Penduduk Okinawa mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi karbohidrat. Mereka memanen dan mengonsumsi makanan olahan mereka sendiri. Sayur-sayuran seperti ubi jalar ungu yang kaya akan nutrisi sampai mentimun pahit yang bisa menurunkan gula darah. Selain itu, mereka mengkonsumsi banyak tahu dan rumput laut serta meminum teh hijau yang kaya antioksidan.

Kedua, tidak banyak makan. Penduduk okinawa memiliki prinsip makan 80 persen kenyang. Di samping olah raga yang teratur, penduduk Okinawa tidak akan makan sampai mereka benar-benar kenyang.

Orang okinawaOrang Okinawa hanya makan 80% kenyang (Masaul/detikTravel)
Ketiga, memiliki tujuan hidup. Jika penduduk di negara lain memiliki tujuan untuk pensiun dalam bekerja, penduduk Okinawa tidak memiliki konsep pensiun dalam kehidupan mereka. Jika ditanya alasan berumur panjang, penduduk Okinawa akan menjawab 'ikigai'. Ikigai yaitu prinsip penduduk Jepang yang bisa berarti alasan hidup atau tujuan hidup. Jadi penduduk Okinawa sangatlah memaknai kehidupan mereka. Bahkan setelah dilakukan penelitian, orang yang menerapkan 'ikigai' dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan tingkat kematian yang rendah loh!

Selanjutnya, rahasia awet muda penduduk Okinawa adalah menghindari stress. Seperti yang kita ketahui, stress bisa menyebabkan berbagai penyakit. Penduduk Okinawa akan menyukai sesuatu yang mereka kerjakan, mereka juga tidak stress karena tekanan.

Faktor terakhir yaitu saling terhubung satu sama lain. Penduduk Okinawa akan saling memperhatikan dan menguatkan. Hubungan yang baik itulah yang membuat mereka akan terhindar dari stress dan membuat mereka selalu merasa muda. Jadi, apa Anda juga ingin berumur panjang seperti penduduk Okinawa?



Simak Video "Jepang Dihantui Super Topan Hagibis"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA