Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Agu 2019 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ajaibnya India, Punya Bukit Anti Gravitasi

Bonauli
detikTravel
Foto: Magnetic Hill di India (iStock)
Foto: Magnetic Hill di India (iStock)
Ladakh - India bukan cuma soal budaya tapi juga alam yang menggoda. Yang ajaib dari India, ada sebuah bukit yang punya anti gravitasi Bumi, Magnetic Hill.

Ladakh mungkin masih asing di telinga traveler. Kawasan ini terletak di bagian timur pemerintahan Jammu dan Kashmir. Diintip detikcom dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2017) Ladakh menjadi daerah tempat tinggal tertinggi di Bumi.

Hal ini dikarenakan Ladakh punya pemandangan yang luar biasa. Tapi bukan itu yang akan dibahas artikel ini.

detikcom mau memperkenalkan sebuah kawasan bernama Magnetic Hill. Magnetic Hill tepatnya berada di Jalan Raya Nasional Leh-Kargil-Baltik di wilayah Trans-Himalaya. Di sebelah timur Magnetic Hill mengalir Sungai Sindhu.

Ajaibnya India, Punya Bukit Anti GravitasiMagnetic Hill di India (iStock)


Ada sebuah titik di antara bukit-bukit ini yang diberi nama Magnetic Hill. Dengan papan tanda nama Magnetic Hill, jalanan kosong di antara bukit jadi incaran wisatawan.

Ya, seperti namanya, Magnetic Hill adalah area yang memiliki daya magnet. Untuk membuktikannya, letakkan kendaraan (disarankan mobil) di jalan yang sudah ditandai.

BACA JUGA: Fenomena di Jabal Magnet, Mobil Bisa Jalan Sendiri!

Matikan mesin kendaraan dan masukkan gigi netral. Perlahan kendaraan akan bergerak ke arah bukit besar dengan kecepatan 20 km/jam. Padahal jalanan ke arah bukit menanjak.

Ada beberapa teori yang masih diperdebatkan di Magentic Hill. Teori pertama adalah fenomena anti gravitasi. Menurut teori ini, bukit-bukit ini memancarkan sejumlah energi magnetik yang besar.

Teori ini menjadi yang paling banyak diterima oleh masyarakat. Tapi masih ada satu teori lagi, namanya ilusi optik. Kebalikannya, teori ini sangat bertentangan dengan fenomena anti gravitasi.

Ajaibnya India, Punya Bukit Anti GravitasiTempat parkir untuk membuktikan anti gravitasi (iStock)


Menurut teori ini, bukit tersebut tidak memiliki gaya magnet. Ilusi optik menyebabkan lereng bawah yang mengarah ke bukit terlihat seperti tanjakan. Padahal lereng tersebut adalah turunan.

Meski ada dua teori yang diperdebatkan, warga lokal Leh, di Ladakh memiliki kepercayaan lain. Mitosnya wilayah ini punya jalan menuju surga. Mereka yang tidak layak masuk surga akan ditarik kembali ke arah bukit sedangkan yang diterima akan berjalan naik.

Untuk menghormati kepercayaan setempat, tepat di seberang tanda Magnetic Hill dibangun kuil kecil. Traveler yang mau mencoba fenomena ajaib ini bisa berkendara dari Leh dengan jarak 30 km.

Selain bukit anti gravitasi, ada banyak hal lain yang bisa traveler jelajahi. Mulai dari Nubra Valley, Thiksay Monastry, Shanti Stupa, Leh Palace (tempat tinggal Dalai Lama), sampai sungai Sindhu.

Ajaibnya India, Punya Bukit Anti GravitasiShanti Stupa (iStock)


Simak Video "Kapal Wisata Terbalik di India, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA