Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Agu 2019 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terlalu Populer, Pantai Cantik di Australia Menolak Turis

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)
Noosa - Kedatangan turis kerap dinanti-nantikan, tapi tidak di kota Australia ini. Karena terlalu populer, kota ini berencana menolak turis yang datang ke pantai mereka.

Noosa adalah sebuah kota kecil 150 km di utara Brisbane, Queensland, Australia yang mungkin belum populer bagi traveler dari Indonesia. Tapi bagi turis lokal Australia, Noosa amatlah populer dengan pantai pasir putihnya yang menawan.

Saking populernya, sampai-sampai pihak Pemerintah Kota Noosa kewalahan dan berencana untuk membatasi jumlah turis. Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Selasa (13/8/2019) dari data tahun 2018 lalu, Noosa dikunjungi hingga 2,36 juta turis lokal.

Jumlah ini sangat jauh perbandingannya dengan jumlah penduduk Kota Noosa yang hanya berjumlah 52 ribu jiwa, alias lebih banyak turis yang datang dari pada penduduk lokalnya. Inilah yang menjadi masalah untuk wisata pantai mereka.

Terlalu Populer, Pantai Cantik di Australia Menolak TurisFoto: (iStock)
Tempat parkir untuk umum jadi penuh. Begitu pula dengan hotel dan restoran-restoran. Untuk liburan Natal tahun ini saja, semua kamar hotel di Noosa sudah habis dipesan sampai bulan Oktober.

Belum lagi dengan pusat perbelanjaan yang dipenuhi turis. Situasi ini membuat pihak pemerintah kota berencana untuk melakukan pembatasan turis. Caranya ada berbagai macam.

Turis di pantai Noosa (iStock)Turis di pantai Noosa (iStock) Foto: (iStock)


Pertama dengan membatasi tiket bagi pengunjung yang ingin datang ke acara-acara yang digelar di Kota Noosa. Pihak pemkot juga ingin memprioritaskan turis asing dibandingkan dengan turis lokal Australia.

Sementara itu, sebagian warga Noosa justru menolak rencana Pemkot Noosa untuk membatasi turis. Para warga yang kebetulan punya bisnis usaha jasa wisata justru merasa tidak ada yang salah dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Noosa karena mereka butuh setiap dollar yang masuk ke kantong dari wisatawan yang datang ke tempat mereka.

Simak Video "Berpelesir ke Melbourne, Kamu Bakal Temukan 5 Hal Menarik Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.