Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menemukan Bali di China

Shinta Angriyana
detikTravel
Desa Bali di Hainan (Shinta/detikcom)
Desa Bali di Hainan (Shinta/detikcom)
Sanya - Keindahan Bali memang memukau berbagai mata dunia. Bahkan, ada Desa Bali di Negeri Tirai Bambu. Seperti apa ya?

Jika berkunjung ke Pulau Hainan, selain menikmati suasana tropis ala Hawaii-nya China, di sana ternyata juga ada jejak nusantara. Namanya diambil dari pulau tropis populer di Indonesia, yakni Bali.

Memang, Hainan banyak berkiblat untuk membangkitkan pariwisata dari Hawaii dan Bali. Namun, nama Bali sebenarnya memiliki jejak sejarah yang melekat pada masa lalu. Jadi, dulunya wilayah ini merupakan tempat bermukim warga Asia Tenggara khususnya Indonesia keturunan Tionghoa sekitar tahun 1960.

Begitu pun dengan warga China yang berdagang ke wilayah Indonesia. Karena PP 10 tahun 1959 tentang larangan bagi usaha perdagangan kecil dan eceran yang bersifat asing di luar ibu kota daerah Swatantra tingkat I dan II serta karesidenan, yang mengharuskan pedagang keturunan Tionghoa di sejumlah wilayah Indonesia kembali ke negaranya. Mereka pun harus mengalihkan dagangannya kepada warga asli Indonesia.

Mereka pun kembali ke China dan sejumlah wilayah lain. Salah satunya, adalah wilayah Hainan tepatnya di lokasi ini. Maka, mereka bermukim di wilayah ini dan memberi nama Desa Bali.

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)
Saat ini, wilayah tersebut menjadi pusat budaya yang juga menampilkan berbagai atraksi wisata. Suasananya memang mirip seperti di Indonesia. Berbagai aksara dan bahasa Indonesia mudah saja ditemui di sana.

Meski tidak semuanya tentang Bali, tetapi juga ada dari Jawa, Sumatera, Kalimantan dan sebagainya. Traveler bisa menemukan kuliner seperti kue semprong, es cendol, bahkan suvenir lucu khas Bali.

Di sejumlah tempat, traveler akan melihat beberapa sejarah yang menceritakan hubungan Indonesia dan China. Begitupun sejarah pedagang asal China yang berkelana sampai tanah Nusantara.

Pertunjukan tari (Shinta/detikcom)Pertunjukan tari (Shinta/detikcom)
Tidak lupa, di momen-momen tertentu ada juga pertunjukan khas Indonesia. Misalnya saja tari tradisional yang dikombinasikan dengan lagu pop Indonesia. detikcom pun sempat melihat tarian poco-poco.

Bahkan, penari yang pentas juga berasal dari Indonesia. Wah, benar-benar serasa di rumah sendiri!

Di bagian akhir tur, traveler juga bisa menikmati dan membeli aneka suvenir serta snack khas Hainan. Seperti kelapa kering, olahan ubi, kopi dan aneka teh.

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)
Nah, umumnya turis Indonesia yang berwisata ke Hainan menggunakan paket tur karena lebih murah. Desa Bali pun sudah pasti menjadi salah satu yang masuk itinerary. Dijamin, serasa di rumah sendiri!

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA