Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Agu 2019 22:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneka Bekas Lubang Asteroid di Bumi

Syanti Mustika
detikTravel
Kawah Fredefort di Afrika Selatan (UNESCO)
Kawah Fredefort di Afrika Selatan (UNESCO)
Jakarta - Asteroid 'God of Chaos' lagi bikin heboh karena akan mendekati bumi. Namun, planet kita sudah beberapa kali dihantam asteroid. Bekasnya jadi tempat wisata alam.

NASA sedang bersiap menghadapi kedatangan asteroid besar yang dinamakan Apophis, sang 'God of Chaos' atau Dewa Kekacauan dari Mesir kuno. Asteroid itu bakal mendekati Bumi sekitar 10 tahun lagi.

Seandainya menuju Bumi, Apophis akan menabrak dengan kekuatan yang sama dengan 880 juta ton TNT atau 65 ribu kali lebih powerful dari bom atom di Hiroshima. Ia akan menyebabkan kawah besar sedalam 518 meter. Seandainya menghujam Kota London, sebagian besar orang di sana diperkirakan takkan selamat.

Bicara soal hantaman asteroid, detikcom telah merangkum, Selasa (21/8/2019) tempat-tempat yang pernah dijatuhi asteroid dan bisa dilihat sampai sekarang sebagai destinasi wisata alam. Ini dia tempatnya:

1. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort berada di Free State, Afrika Selatan. Menurut para peneliti hantaman astreoid yang menyebabkan kawah ini terjadi sangat masif pada 2 miliar tahun silam.

Dengan radius 190 kilometer, kawah ini adalah struktur terbesar di dunia hasil hantaman astreoid dan masuk UNESCO World Heritage Site di 2015. Dalam penelitian Desmond Moser, ahli geokronologi di Western University Ontaria mengatakan bahwa asteroid selebar 10 Km menabrak kawasan ini dan mengakibatkan lubang sedalam 10 kali lebih dalam daripada Grand Canyon.

2. Cekungan Sudbury
(Istimewa)(Istimewa)
Salah satu kawah tertua yang terbentuk karena hantaman benda luar angkasa adalah Cekungan Sudbury yang ada di Kanada. Diperkirakan peristiwa ini terjadi sekitar 1,8 miliar tahun silam.

Kemungkinan asteroid besar menerjang wilayah Ontario, Kanada dan menimbulkan bekas sampai hari ini dengan sebutan Cekungan Sudbury. Diameternya dari kawah ini berada sekitar 130-260 Km.

3. Kawah Chesapeake Bay

Kawah Chesapeake Bay diperkirakan terbentuk sekitar 35 juta tahun silam. Astroid ini menghantam kawasan Virgina, Amerika Serikat. Kawasan yang ditemukan tahun 1980-an ini berlokasi sekitar 201 kilometer dari Washington. Lebarnya diperkirakan 85 kilometer.

4. Kawah Acraman
(Istimewa)(Istimewa)
Kawah Acraman berada di Australia, dan diperkirakan jatuh sekitar 580 juta tahun yang lalu. Diameternya kawah ini diestimasi mencapai 90 kilometer. Saat ini Kawah Acraman yang sudah menjadi danau dan dikenal dengan nama Danau Acraman.

5. Kawah Manicouagan
(NASA)(NASA)
Kawah hasil tumbukan asteroid ini membentuk Danau Manicouagan. Letaknya berada di Manicouagan Regional Countu, Quebec, Kanada.

Meski kena erosi, kawah ini salah satu kawah tabrakan asteroid paling terjaga dan salah satu yang terbesar dengan estimasi diameter 100 kilometer. Diperkirakan terjangan asteroid yang menimbulkan kawah itu terjadi 215 juta tahun silam.

6. Kawah Morokweng
(Istimewa)(Istimewa)
Kawah Morokweng berada di Kota Morokweng, Afrika Selatan. Kawah raksasa ini bisa terlihat jelas karena berada di Gurun Kalahari.

Kawah Morokweng tercipta akibat hantaman asteroid sekitar 145 juta tahun lalu. Di sekitar lokasinya masih ada sisa-sisa fosil meteor yang menabraknya.

7. Kawah Kara
(Istimewa)(Istimewa)
Kawah Kara berada di Semenanjung Yugorsky, Nenetsia, Rusia. Bukan berbentuk awah, hantaman asteroid ini membentuk kawasan tidak beraturan karena erosi. Diperkirakan Kawah Kara terbentuk dari hantaman asteroid dahsyat sekitar 70,3 juta tahun lampau.

8. Kawah Chicxulub
(Istimewa)(Istimewa)
Diperkirakan terbentuk sekitar 65 juta tahun silam karena hantaman astreoid di Yucatan, Meksiko. Beberapa ilmuwan meyakini dampaknya sangat mengerikan hingga jadi salah satu penyebab punahnya dinosaurus. Diameternya diperkirakan antara 170 sampai 300 kilometer.

9. Kawah Popigai
(Istimewa)(Istimewa)
Kawah Popigai terletak di Siberia, Rusia. Para ilmuwan meyakini kawah ini mengandung berlian triliunan karat dan tercipta karena tumbukan astreoid pada sekitar 35,7 juta tahun yang lampau.

Kawah Popigai ditunjuk UNESCO sebagai situs Geopark dengan warisan geologi khusus karena bentuknya yang cantik.

Simak Video "Asteroid 'Dewa Kekacauan' Dekati Bumi 10 Tahun Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA