Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Okt 2019 17:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bikin Ngilu, Begini Festival Vegetarian di Phuket

Bonauli
detikTravel
Festival Vegetarian (AFP)
Festival Vegetarian (AFP)
Phuket - Phuket punya sebuah parade ekstrem tiap tahunnya, Festival Vegetarian. Dalam kegiatannya, parade ini mempertontonkan aksi tusuk pedang sebagai ucapan syukur.

Namanya Festival Vegetarian, kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Phuket sebagai bentuk ucapan syukur dari kesembuhan leluhur mereka. Diintip detikcom dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019), festival ini cenderung ekstrem untuk bisa dinikmati.

Sebelum masuk ke parade dan aksi ekstrem, detikcom mau mengajak kamu untuk mengenal lebih dahulu asal-usul festival ini. Oya, detikcom juga ingin lebih dulu menginformasikan bahwa ragam foto dalam artikel ini bisa bikin detikers ngilu atau bergidik.

Balik lagi ke asal-usul festival ini, dikisahkan bahwa pada abad ke-19 sebuah kelompok opera dari China datang ke Phuket. Tak lama, mereka terserang penyakit malaria di Phuket.

Bikin Ngilu, Ini Festival Vegetarian di PhuketFoto: (AFP)

Kemudian, kelompok opera ini memutuskan untuk diet vegetarian dan berdoa kepada Sembilan Dewa Kaisar. Mereka mencoba untuk memurnikan pikiran dan tubuh lewat diet ini.

Pada saat itu, penyakit malaria menjadi jadi salah satu pembunuh di Pulau Phuket. Sudah tak ada yang berharap, tapi anggota kelompok opera ini justru berangsur pulih.

Setelah sembuh, orang-orang yang bertahan hidup mengekspresikan kebahagiaan mereka dengan festival. Tapi makin ke sini, caranya semakin ekstrem.

Bikin Ngilu, Ini Festival Vegetarian di PhuketFoto: (AFP)

Ada yang rela menusuk pipi mereka dengan pisau sampai barang-barang rumah tangga lainnya. Mereka percaya bahwa dewa akan melindungi mereka dari bahaya. Pengorbanan ini juga diyakini sebagai bentuk penyucian diri.

Darah dan luka terlihat di tiap sudut parade. Peserta pria dan wanita sama-sama menunjukkan pengorbanan mereka kepada dewa.

Acara pertama dari festival ini adalah upacara dengan membangun Tiang Lentera. Tiang Lentera harus dibangun minimal 10 meter. Adanya tiang ini sebagai penanda turunnya Dewa Siwa.

Selama beberapa hari ke depan masyarakat Phuket akan melakukan parade dengan membawa persembahan dan dewa-dewa rumah. Wisatawan bisa ikut berpartisipasi dalam penyalaan dupa di beberapa tempat.

Bikin Ngilu, Ini Festival Vegetarian di PhuketFoto: (AFP)


Saat aksi pengorbanan berlangsung, penonton diharapkan menjaga jarak aman. Karena akan ada ratusan penduduk yang berlarian melintasi bara api sampai memanjat tangga tajam dalam keadaan kesurupan.

Dalam Festival Vegetarian ini, banyak kedai yang menghadirkan hidangan khusus. Kedai-kedai tersebut ditandai dengan bendera kuning yang memiliki karakter China atau Thailand. Makanan-makanan ini dihidangkan dengan produk pengganti protein alias vegetarian.




Simak Video "KBRI Bangkok Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA