Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Pulau Menawan Malaysia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pulau Perhentian (iStock)
Pulau Perhentian (iStock)
Kuala Lumpur - Malaysia bukan cuma punya menara Petronas yang menjulang tinggi. Malaysia juga memiliki pulau-pulau yang menawan.

Sebagaimana diberitakan detikcom dari CNN Travel, Rabu (9/10/2019), berikut 10 Pulau Menawan di Malaysia:

1. Pulau Perhentian

Tidak mudah untuk mengunjungi pulau indah ini, tetapi pulau perhentian yang terletak di lepas pantai tumur laut semenanjung Malaysia memiliki fasilitas yang ramah buat backpaker. Di sini banyak menawarkan harga-harga yang ekonomis.

Airnya yang jernih memungkinkan traveler yang snorkling bisa melihat berbagai kehidupan laut. Dengan bantuan nelayan dan kapal kecilnya, Traveler bisa berenang bersama hiu kecil dan kura-kura.

Untuk ke pulau ini, traveler bisa menaiki bis dari Stasiun Hentian Putra di Kuala Lumpur. Perjalanannya cukup lama, yaitu selama 9 jam. Alternatif lain bisa juga menggunakan pesawat dari Bandara LCCT Kuala lumpur ke Kota Baru. Setelah sampai di bandara, cukup naik taksi menuju Kota pelabuhan Kuala Besut.

2. Pulau Tioman

Pulau yang popular di Malaysia ini memiliki dua klaim yang membuat pulau ini digemari wisatawan. Pertama, bentuknya yang seperti tetesan air mata yang terletak di Laut China Selatan diklaim menjadi latar belakang film "South Pasific" pada tahun 1958.

Kedua, pulau ini juga pernah diklaim Majalah Time sebagai salah satu pulau terindah pada tahun 1970. Kadal berukuran besar masih berkeliaran di area pulau ini. Tapi tenang, kadal ini tidak memangsa manusia.

Jika mau ke pulau ini, ada berbagai layanan bus dari Malaysia ke Mersing. dari sini naik perahu dua jam ke dermaga pertama di pulau itu. Tioman juga memiliki bandara kecil dengan penerbangan dari kuala lumpur.


10 Pulau Menawan MalaysiaFoto: Pulau Tioman (iStock
3. Pulau Langkawi

Terletak di perbatasan dengan Thailand, Langkawi adalah bagian dari negara bagian Kedah Malaysia. Pulau ini memiliki kisah dibalik kecantikannya.

Pada tahun 1819, seorang wanita bernama Mahsuri dihukum mati karena tuduhan perzinahan. Sebelum meninggal, ia mengatakan,"Tidak akan ada kedamaian dan kemakmuran di pulau ini selama 7 generasi. Dua tahun kemudian, Langkawi lalu jatuh ke tangan orang-orang Thailand yang menyerang dan sebagian besar penduduknya mati.

Pulau ini sempat tak terurus untuk waktu yang cukup lama, lalu perdana Mahatir Muhammad yang juga membangun menara petronas mengubah pulau ini menjadi pulau resor pada tahun 1986. Ada kereta gantung sepanjang 2.200 meter dan tinggi 710 m di atas permukaan laut.

Untuk ke sini, traveler bisa menggunakan pesawat dari Kuala Lumpur, Malaysia dan Penang.

4. Pulau Penang

Pulau Penang telah menjadi situs warisan budaya UNESCO. Selain keindahannya, pulau penang punya daya tarik di makanan lautnya yang lezat.

Untuk menuju ke sini, traveler bisa menggunakan pesawat menuju ke Penang International Airport. Dari sana, banyak taksi yang menawarkan harga murah untuk menuju pulau.

5. Pulau Labuan

Letak pulau ini adalah di lepas pantai MalaysiaTimur, Labuan merupakan salah satu dari 3 wilayah federal. Dalam rencana jangka panjang, pulau Labuan akan menjadi salah satu pusat bisnis lepas pantai utama dunia.

Di sini, traveler bisa diving dan snorkeling. Perairan dangkal di pulau ini sangat cocok buat penyelam pemula. Ada juga pemakaman korban perang yang dijaga dengan baik, di mana upacara peringatan tahunan diadakan untuk sekitar 3.900 tentara sekutu yang tewas selama perang dunia II

Cara menuju ke Pulau ini, traveler bisa menaiki penerbangan harian ke Bandara Labuan dari Kuala Lumpur.

6. Pulau Layang-layang

Dikelilingi oleh perairan murni sedalam 2000 meter, Layang-layang sering digolongkan sebagai salah satu dari 10 situs penyelamatan terbaik di dunia karena jajaran biota lautnya yang luar biasa.

Kehadiran angkatan laut membuat terumbu karang terhindar dari kerusakan akibat ledakan penangkapan dinamit. Banyak pula praktik destruktif lainnya.

Di sini, Anda bisa menjumpai hiu martil yang kadang berjumlah ratusan. Traveler juga bisa berharap bertemu dengan lumba-lumba, pari manta dan kura-kura.

Satu cara untuk menuju pulau ini adalah dengan penerbangan charter dari Kota Kinbalu.

7. Pulau Sipadan

Pada tahun 2004, pemerintah memiliki peraturan untuk melindungi ekosistem pulau. Di antaranya adalah melarang penyelaman malam dan menetapkan batas penyelam 120 orang perhari.

Pulau ini juga merupakan rumah dari 3000 spesies ikan, berbagai pari dan ratusan terumbu karang. Selain itu juga merupakan populasi penyu hijau dan penyu sisik.

Menuju ke sana, hanya 55 menit dari Kota Kinbalu ke KOta Tawau, satu jam perjalanan ke Kota Semporna dan 40 menit menggunakan speedboat

10 Pulau Menawan MalaysiaFoto: Pulau Tioman
8. Pulau Redang

Kepulauan Redang sebenarnya terdiri dari 9 pulau. Pulau-pulau ini membentuk taman laut yang terletak 45 km dari negara bagian timur Semenanjung Malaysia Terengganu.

Memiliki terumbu karang yang dijaga dengan baik, atraksi utama pulau ini adalah snorkeling dan diving di perairan jernih bak kristal. Tapi, Anda harus tetap berada di dekat garis pantai karena bagian dalamnya sebagian besar tidak dapat di lewati.

Jika tidak ingin membayar untuk penerbangan langsung, alternatifnya adalah terbang ke Kuala Terenggu. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil dan naik feri dari Pelabuhan Merang.

9. Pulau Rawa

Pulau Rawa merupakan sebuah pulau kecil 16 kilometer di lepas pantai timur semenanjung malaysia. Hanya ada dua resor yang dapat diakses dengan perahu dari pelabuhan daratan Mersing.

Tidak banyak kesempatnan untuk bisa tinggal di pulau pribadi sultan ini. Pulau ini dimiliki oleh keluarga kesultanan Johor. Kalau mau lihat keindahannya, Anda bisa sewa kano atau mendaki anak tangga curam ke puncak pulau, di mana akan ada pemandangan cantik pantai timur, pantai Johor dan 12 pulau kecil lainnya.

Rawa menarik wisatawan yang mencari liburan di pulau terpencil, sehingga akomodasinya pun terbatas. Dari kuala lumpur, Anda bisa naik bus atau berkendara ke Mersing, tempat kapal feri berangkat.

10 Pulau Menawan MalaysiaFoto: (Pulau Rawa)
10. Pulau Pangkor

Berukuran hanya 8 kilometer persegi, Pulau Pangkor adalah salah satu pulau favorit di Malaysia bagi penduduk setempat.

Pangkor adalah salah satu pulau yang paling mudah diakses di negeri ini. Pulau ini kerap dikunjungi wisatawan Malaysia setiap akhir pekan yang panjang untuk beristirahat dan bersantai.

Di sini, Anda akan menemukan pantai yang tidak ramai dan berbagai masakan lokal yang luar biasa. Serta bertemu masyarakatnya yang ramah.

Cara ke pulau Pangkor, yaitu dengan penerbangan langsung ke pulau itu dari Bandara Sultan Abdul Aziz Shah Subang melalui Kuala Lumpur, atau 30 menit naik feri dari Kota Lumut.


















Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA