Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Okt 2019 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan di Dragon Ball, Ini Kamehameha di Dunia Nyata

Afif Farhan
detikTravel
Patung Raja Kamehameha (iStock)
Patung Raja Kamehameha (iStock)
Honolulu - Pasti kamu tahu, Kamehameha adalah jurus andalan Son Goku di komik Dragon Ball. Tapi apa kamu tahu ada Kamehameha di dunia nyata?

Siapa yang tidak tahu komik Dragon Ball dari Jepang? Komik karangan Akira Toriyama ini sangat mendunia, yang menceritakan tentang kisah Son Goku. Jurus andalannya sudah pasti Kamehameha. Yang mungkin belum kamu tahu adalah kisah Kamehameha yang merupakan seorang raja di Hawaii.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019), Kamehameha merupakan tokoh penting di Hawaii pada zaman dulu. Hawaii merupakan kepulauan di Samudera Pasifik yang namanya sudah mendunia sebagai destinasi wisata bulan madu.

BACA JUGA: Pasir Pantai Kok Warnanya Hijau?

Kamehameha terlahir dengan nama Paiea. Dia lahir pada tahun 1758 dan meninggal di tahun 1819. Dia adalah seorang raja di Hawaii dan begitu dihormati. Kamehameha disebut sebagai simbol prajurit, kegigihan, dan persatuan.

Patung Raja KamehamehaPatung Raja Kamehameha (gohawaii.com)


Sejarah Kamehameha begitu menarik untuk disimak. Ketika di tahun 1700-an, Hawaii masih merupakan kerajaan-kerajaan. Beda pulau, beda pula kerajaan dan pemerintahan. Sehingga, peperangan antar kerajaan jadi makanan sehari-hari di sana untuk saling menaklukkan.

Para leluhur berpesan, suatu hari akan lahir seorang anak laki-laki yang ditakdirkan untuk menyatukan Hawaii menjadi satu wilayah. Satu wilayah yang saling merangkul dan menjaga.

Penanda kelahiran anak tersebut adalah tanda di langit berupa bulu burung raksasa. Percaya tak percaya, pada tahun 1758, komet Halley melintasi Hawaii. Ahli sejarah dan budayawan berpendapat, komet itulah penanda kelahiran anak laki-laki yang dimaksud!

Saat itulah, Paiea lahir di Kohala. Kelahirannya begitu dijaga kepala-kepala suku di Hawaii. Paiea langsung diungsikan ke Lembah Waipio, untuk menghindari peperangan.

Bukan di Dragon Ball, Ini Kamehameha di Dunia NyataLembah Waipio (iStock)


Paiea pun diajarkan banyak hal. Dia didik dengan orang-orang hebat untuk mengasah fisik dan mentalnya.

BACA JUGA: Misteri Pulau Bajak Laut di Samudera Pasifik

Paiea pun keluar dari persembunyiannya. Beberapa ahli sejarah berpendapat, Paiea keluar dari persembunyiannya dan siap untuk menyatukan Hawaii saat masih remaja.

Paiea mengganti namanya menjadi Kamehameha. Dalam bahasa setempat, Kamehameha punya arti 'yang kesepian'. Nama itu punya makna, bisa berarti dia benar-benar kesepian dalam hidupnya serta tak punya teman karena terus didik. Arti lain, bahwa dia melihat Hawaii adalah kawasan yang begitu sepi tanpa adanya ikatan yang kuat antar kerajaan di tiap pulau.

Dimulailah petualangan Kamehameha untuk menyatukan tiap kerajaan. Lewat mental dan kekuatannya, Kamehameha mampu menundukkan tiap kerajaan.

Ilustrasi peperangan di Hawaii pada zaman dulu (Montgomery College)Ilustrasi peperangan di Hawaii pada zaman dulu (Montgomery College)


Kamehameha disebut-sebut punya kekuatan super. Konon, dia bisa mengangkat Batu Baha.

Batu ini sebenarnya batuan vulkanik dengan berat 2 ton. Masyarakat Hawaii percaya, siapa yang bisa mengangkat dan memindahkannya, maka dirinya akan menjadi pemimpin Hawaii. Kamehameha pun mampu melakukannya!

Kamehameha mampu menyatukan seluruh kerajaan di Hawaii. Selanjutnya, dia menjadi raja dan berkuasa dengan penuh keadilan.

Bukan di Dragon Ball, Ini Kamehameha di Dunia NyataKehidupan Hawaii di zaman dulu (iStock)


Kamehameha juga mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi. Dia membebaskan tiap orang untuk memeluk keyakinannya sendiri. Malah dalam peperangan, Kamehameha tidak pernah menyerang anak-anak dan wanita.

Bahkan, Kamehameha juga mampu menjaga Hawaii dari serbuan bangsa Eropa. Asal tahu saja, di tahun 1700-an, Hawaii merupakan kawasan strategis bagi pelaut-pelaut dari Eropa.

Hawaii dirasa pas untuk menguasai kawasan Pasifik sampai ke Amerika. Apalagi, Hawaii punya sumber pertanian dan perkebunan yang melimpah.

Kamehameha meninggal dunia di tahun 1819, saat usianya 61 tahun. Setelah dia meninggal, kepemimpinan Hawaii diturunkan ke anak-anaknya. Hanya saja, masih banyak pemberontakan dari orang Hawaii sendiri yang haus kekuasaan.

Hingga pada tahun 1898, akhirnya Hawaii dikuasai Amerika Serikat. Hingga kini, Hawaii menjadi salah satu negara bagiannya.

Gambaran Kamehameha yang dilukis oleh pelaut EropaGambaran Kamehameha yang dilukis oleh pelaut Eropa (Hawaii State Public Library System)


BACA JUGA: Kisah Desa yang Kehilangan Negaranya

Bagi masyarakat Hawaii, Kamehameha sangat dihormati. Bahkan, ada banyak patung Kamehameha di sana seperti di Honolulu, Kohala, dan Hilo. Bahkan di National Statuary Hall di Kota Washington DC, AS juga ada patung Kamehameha.

Setiap tanggal 11 Juni, masyarakat Hawaii merayakan Hari Kamehameha. Saat hari itu, ada banyak perayaan untuk mengenang Kemahameha.

Bukan di Dragon Ball, Ini Kamehameha di Dunia NyataFoto: (iStock)


Konon kabarnya, pengarang Dragon Ball, Akira Toriyama pernah datang ke Hawaii dan melihat patung Kamehameha. Dia pun terinspirasi oleh kisah Kamehameha, lalu menggunakan nama raja tersebut sebagai jurus andalan Sun Goku dalam komiknya.

Simak Video "Indahnya Raja Ampat, Raja Ampat"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA