Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Okt 2019 07:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Turis Jangan Pakai Google Maps di Sini, Bisa Jatuh ke Jurang!

Kris Fathoni W
detikTravel
Jangan pakai Google Maps jika ingin menikmati keindahan pantai di Baunei, Kepulauan Sardinia. (Foto: Tomoland/iStock)
Jangan pakai Google Maps jika ingin menikmati keindahan pantai di Baunei, Kepulauan Sardinia. (Foto: Tomoland/iStock)
Baunei - Di zaman now, Google Maps bisa menjadi andalan utama turis saat menjelajah ke destinasi wisata. Tapi pakai Google Maps di tempat wisata ini bisa amat berbahaya.

Sebagaimana diberitakan oleh CNN.com, destinasi wisata itu berlokasi di Kepulauan Sardinia, Italia. Tepatnya di wilayah Baunei, Ogliastra yang digambarkan punya panorama pantai jelita.




Pesona itu pula yang lantas mendorong banyak turis asing berusaha menemukan sendiri pantai-pantai tersembunyi di sana. Google Maps adalah alat bantu yang dipakai para wisatawan dalam eksplorasinya tersebut.

Yang menjadi masalah, navigasi Google Maps di Ogliastra, Sardinia tak menghasilkan pencarian yang diinginkan. Seratusan turis bahkan kemudian harus diselamatkan dari beragam situasi berbahaya, termasuk nyaris jatuh ke jurang.

Turis Jangan Pakai Google Maps di Sini, Bisa Jatuh ke Jurang!Pantai di Cala Goloritze, Baunei, Kepulauan Sardinia. (Foto: Photogilio/iStock)

Dalam dua tahun terakhir, otoritas terkait disebutkan sudah merespons permintaan bantuan dari 144 kendaraan. Layanan darurat dan pemadam kebakaran setempat turun tangan membantu kendaraan yang "nyangkut" karena kondisi di lapangan.

Salah satu contohnya dialami oleh satu keluarga yang melancong ke Ogliastra dengan menggunakan sebuah mobil mewah Porsche. Mereka harus diselamatkan setelah nyaris jatuh dari tebing.

Hal itu sendiri rupanya diakibatkan bahwa jalur yang disarankan oleh Google Maps buat para turis di Ogliastra tidak cocok buat kendaraan kecil, alias jalurnya mobil sejenis offroad atau 4x4.

Turis Jangan Pakai Google Maps di Sini, Bisa Jatuh ke Jurang!Jalur trekking ke Cala Goloritze, Baunei, Kepulauan Sardinia. (Foto: iStock)

Menurut Salvatore Corrias, Wali Kota Baunei, otoritas setempat juga sudah memberikan sejumlah papan pengumuman berisikan imbauan dalam bahasa Inggris dan Italia agar para turis, "jangan mengikuti arahan Google Maps".

"Sudah terlalu banyak sedan dan hatchback terjebak di jalan yang tidak bisa dilewati, bahkan juga oleh kendaraan-kendaraan offroad. Itu semua karena mereka mengikuti Google Maps, yang instruksinya di jalan kami ini acapkali menyesatkan," katanya.

Otoritas setempat juga sudah mengontak Google terkait masalah pada navigasi aplikasi petanya itu. Google juga sudah berjanji untuk menindaklanjuti walaupun sejauh ini belum ada langkah nyata.

Turis Jangan Pakai Google Maps di Sini, Bisa Jatuh ke Jurang!Matahari terbenam di Cala Goloritze, Baunei, Kepulauan Sardinia. (Foto: gabri_prato/iStock)

"Kami yakin mereka akan melakukannya. Tapi sejauh ini belum ada yang konkret, jadi kami memasang papan pengumuman, menaruhnya di jalur masuk jalanan yang biasa dipergunakan dari (pantai) Cala Luna ke Cala Goloritze," ujarnya.

Untuk melakukan navigasi Corrias juga menyarankan agar para turis mengikuti petunjuk jalan yang ada atau, "dengan peta klasik yang dapat diandalkan. Atau pakai pemandu lokal kami, mereka takkan menempatkan turis yang datang ke sini dalam bahaya."

Kepada CNN.com, Google Maps juga mengonfirmasi pihaknya telah menyadari adanya masalah dalam navigasi buat sejumlah pengemudi yang menyambangi Sardinia. "Saat ini sedang mencari cara agar bisa memberikan peringatan lebih baik mengenai jenis jalanan ini."

Simak Video "Anies Imbau Pengguna Sepeda Pakai Google Maps"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA