Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Okt 2019 13:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Transaksi di Negara Ini Bisa Pakai Koin Disney

Bonauli
detikTravel
Transaksi di Pulau Niue Bisa Pakai Koin Disney. (Niue Tourism)
Transaksi di Pulau Niue Bisa Pakai Koin Disney. (Niue Tourism)
Niue - Mungkin nama Pulau Niue masih sangat jarang terdengar. Untuk membuat dirinya terkenal, negara ini melegalkan koin Disney sebagai alat transaksi.

Niue adalah sebuah negara pulau di Samudera Pasifik. Pulau ini adalah karang atol atau cincin yang terangkat ke permukaan. Sebagai negara dan pulau mandiri, Niue terletak 2.400 km dari Selandia Baru.

Seperti yang diintip detikcom dari berbagai sumber, Pulau Niue sangatlah indah. Berasal dari atol, tak perlu diragukan lagi bahwa Niue surga bagi para penyelam.

Negara Ini Terkenal karena Pakai Koin DisneyPulau Niue. (Foto: Niue Tourism)

Sayangnya, negara kecil ini masih kurang dikenal oleh wisatawan dunia. Tak kehabisan akal, Pulau Niue melakukan cara unik untuk tarik wisatawan.

Pada tahun 2011, negara ini melegalkan koin berkarakter Disney sebagai alat pembayaran yang sah. Koin ini dibuat oleh New Zealand Mint, sebuah perusahaan pembuat koin dari Selandia Baru.

Niue, Negara yang Terkenal Karena Pakai Koin DisneyKoin Disney. (Foto: new zealand mint)

Sebelum adanya koin karakter ini, mata uang yang berlaku hanyalah Dollar Selandia Baru. Namun kini, ada logam karakter yang justru jadi magnet bagi para turis.

Awalnya, koin ini hanya berkarakter tokoh Disney, contohnya Mickey Mouse, Donald Duck dan teman-temannya. Pelan tapi pasti, Niue mulai kedatangan banyak turis dunia.

Melihat ini, Niue tak langsung puas. Masih bekerja sama dengan New Zealand Mint, Niue mengeluarkan lebih banyak karakter imajinasi untuk uang logamnya.

Niue, Negara yang Terkenal Karena Pakai Koin DisneyFoto: (new zealand mint)

Tak tanggung-tanggung, karakternya berkembang ke tokoh Star Wars, Doctor Who, sampai Pokemon. Semua koin ini laris manis dan jadi koleksi para turis.

Koin-koin ini bernilai 1 dollar, 2 dollar, dan 5 dollar. Satu sisi bergambar karakter, di sisi lain koin ini bergambarkan Ratu Elizabeth dari Inggris.

Pihak pemerintahan menilai strategi ini akan sangat berpotensi bagi kenaikan wisatawan. Belum lagi, nantinya koin-koin ini akan diperkirakan membawa keuntungan hingga 6 juta dollar bagi pemiliknya.

Ini dikarenakan koin karakter tak akan diproduksi terus-terusan. Dan lagi, koin ini hanya berlaku khusus di Pulau Niue.




Simak Video "Pulau Liwutongkidi, Buton"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA