Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Okt 2019 08:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Monaco yang Indah, yang Benderanya Mirip Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Bendera Monaco (Thinkstock)
Bendera Monaco (Thinkstock)
Monaco - Tahukah kamu, Monaco punya bendera yang mirip seperti Indonesia. Mari mengenal negara kecil ini lebih dekat.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2019) Monaco masuk dalam daftar negara terkecil di dunia. Luasnya cuma 2 km persegi dengan penduduk 36 ribu orang saja.

Warna bendera Monaco mirip seperti bendera Indonesia, yakni merah putih. Hanya saja, beda di skalanya.

BACA JUGA: Mengapa Bendera Monaco Mirip Banget Sama Bendera Indonesia?

Selamat datang di Monaco (iStock)Selamat datang di Monaco (iStock)


Monaco bisa dibilang sebagai negara dalam negara karena lokasinya di dalam negara Prancis, tepatnya di bagian selatannya. Kota terbesar di Prancis yang dekat dengan Monaco adalah Nice, cuma 20 km jaraknya.

Walau sebagai negara kecil, nyatanya Monaco masuk dalam daftar negara termakmur di dunia. Mengapa?

Sebab, Monaco memiliki tarif pajak penghasilan dan pajak perusahaan yang sangat rendah. Maka tak heran, banyak orang-orang kaya di dunia punya rumah di sana dan membangun villa-villa yang megah.

Jangan kaget, kalau melihat banyak mobil-mobil mewah berlalu-lalang dan parkir di pinggir jalan di Monaco. Sebut saja seperti Porsche, Bentley, Ferarri dan Rolls Royce.

Mobil-mobil seperti ini yang sering lalu-lalang di jalanan Monaco (Top Car Monaco)Mobil-mobil seperti ini yang sering lalu-lalang di jalanan Monaco (Top Car Monaco)


BACA JUGA: Keindahan Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia

Monaco menggantungkan hidup dari pariwisata. Itu sudah dilakukan sejak tahun 1893 dengan membuka kasino di Monte Carlo.

Cuma ada tiga kawasan besar di Monaco, yakni Monaco-Ville, Monte Carlo dan La Condamine. Monaco-Ville merupakan kawasan kota tua yang dikenal dengan nama The Rock dan terdapat Le Palais des Princes de Monaco atau Istana Pangeran Monaco yang sudah berdiri megah dari abad ke-12. Selain itu, ada pula Monaco Cathedral yang bangunannya bergaya Romawi.

Satu lagi, bentang pantainya yang berpasir putih nan landai pun jadi incaran turis. Bukan cuma untuk berjemur, tapi bisa naik yacht juga dan mengelilingi perairannya.

(Visit Monaco)(Visit Monaco)


Aneka event wisata, festival kesenian, serta ajang olahraga sering digelar di Monaco tiap tahun. Tujuannya jelas, supaya makin banyak turis yang datang.

Turis yang datang ke Monaco, rata-rata per tahun sekitar 300-400 ribu orang. Namun tentu, turis-turis yang datang ke sana kebanyakan adalah yang tajir-tajir!

(iStock)(iStock)


Soal bendera, menelusuri sejarahnya, warna bendera merah putih Indonesia disebut-sebut sudah dipakai dari era kerajaan Majapahit sejak sekitar abad ke-13. Namun, baru benar-benar diresmikan sebagai warna bendera negara pada tahun 1945.

Monaco, ternyata sudah memakai warna bendera merah putih sejak dinasti Grimaldi di tahun 1297. Tapi awalnya, warnanya merah putih yang berbentuk limas dan terus-menerus berubah. Secara resmi, digunakan tahun 1861 ketika Monaco mendeklarasikan diri dari Prancis dalam perjanjian Franco-Monegasque di tahun 1861 dan saat itu warnanya sudah seperti benderanya yang sekarang ini.



Simak Video "Cerita Fabregas Tolak Bermain di Madrid Karena Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA