Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Okt 2019 09:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Naga-naga di Bendera Negara, Keren tapi Beda-beda

Bonauli
detikTravel
Bendera Wales (iStock)
Bendera Wales (iStock)
Jakarta - Bendera jadi lambang kekuatan suatu negara. Dua negara ini menjadikan naga sebagai simbol benderanya. Kalau dijajarkan, dua naga ini akan berhadapan.

Bendera sudah sejak lama menjadi lambang dari kekuatan suatu pemerintahan atau wilayah. Selain main warna, bendera juga diberi simbol. Dari banyak simbol, hewan mitologi kerap jadi pilihan.

Seperti dua negara ini, Bhutan dan Wales, dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Bhutan dan Wales sama-sama menjadikan naga sebagai simbol dari bendera mereka.

Meski sama-sama naga, tapi bentuknya sedikit beda. Mari mulai dari Bhutan yang jadi bagian Asia Selatan. Bhutan memiliki simbol naga petir yang bernama Druk atau Thunder Dragon.

Bendera BhutanBendera Bhutan Foto: (iStock)

Simbol Druk dilatarbelakangi oleh warna oranye. Oranye adalah lambang budaya spiritual agama buddha, sedangkan kuning adalah tradisi.

Drug terlihat melayang dengan bola di masing-masingnya. Bola tersebut adalah perhiasan yang melambangkan kekayaan Bhutan.

Naganya sendiri terlihat mengaum yang artinya penduduk Bhutan tidak akan tunduk pada penjajah. Naga Druk diberi warna putih yang jadi lambang kemurnian dan kesucian orang-orang Bhutan.

Beda lagi dengan Negara Bagian Wales, Inggris. Naga di bendera Wales berwarna merah dengan sayap yang mengembang. Benar-benar tampilan naga dalam dunia barat.

Bendera WalesBendera Wales Foto: (iStock)

Naga Wales adalah simbol pertempuran dari zaman Raja Hendty VII. Naga merah sudah menjadi simbol dari pemerintahan Romawi-Inggris. Lambang naga ini terus digunakan sebagai lambang kemenangan.

Kalau disejajarkan dengan urutan tertentu, dua bendera ini bisa saja terlihat berhadapan (atau malah saling memunggungi) karena Naga Druk dan naga Wales memang menghadap arah yang berbeda. Meski sama-sama naga, tapi lambang ini terlihat bedanya.

Selain kedua negara itu, ada pula Malta yang punya naga di benderanya. Tapi sosok naga di bendera Malta jauh berbeda dengan punya Wales dan Bhutan. Naga Malta berukuran amat kecil, tepatnya sebagai bagian dari lencana George Cross yang terletak di sudut atas bendera tersebut.

Dua Negara Ini Sama-sama Punya Simbol Naga di Bendera, tapi..Foto: Anton Litvintsev/iStock




Simak Video "Peramal Suhu Naga Meninggal Dunia Karena Gagal Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA