Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Okt 2019 09:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bisa Tebak Negara Mana yang Punya Bendera Tertua di Dunia?

Bonauli
detikTravel
Denmark adalah Negara dengan Bendera Tertua di Dunia. (Foto: Shutterstock/CNN Travel)
Denmark adalah Negara dengan Bendera Tertua di Dunia. (Foto: Shutterstock/CNN Travel)
Jakarta - Bendera merupakan lambang kekuatan dan kebanggaan dari suatu negara. Soal itu, berikut kisah sebuah negara yang tercatat sebagai pertama punya bendera nasional.

Bendera dianggap vital sebagai lambang kekuasan dan kekuatan suatu negara. Zaman dulu bendera pun sebenarnya sudah ada, tapi bentuk dan warnanya beragam. Hal ini diadopsi dari kultur dan budaya masing-masing kawasan.

Rupanya satu negara ini jadi awal dari terbentuknya bendera, Denmark. Diintip detikcom dari situs resmi Guinness World Records, Denmark tercatat sebagai negara yang punya bendera nasional tertua.




Desain bendera Denmark yang berbentuk salib Skandinavia putih ini telah ada sejak dulu. Bendera ini diadopsi menjadi lambang negara Denmark sejak tahun 1625.

Dulu bentuk bendera bukan seperti sekarang. Menurut catatan sejarah, bentuk persegi pada bendera baru ada pada tahun 1748. Sejak resmi jadi lambang negara, bendera ini diberi nama Dannerborg, artinya kain Denmark.

Mungkin kamu pernah melihat desain yang sama pada provinsi jajahan Romawi. Padahal Denmark tidak pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi.

Kekaisaran Romawi memakai lambang salib putih sebagai simbol kekristenan. Sedangkan lambang Denmark adalah lambang Skandinavia sejak dulu. Bedanya adalah tanda salib yang condong ke arah kiri.

Dari Semua Bendera, Negara Ini Punya yang TertuaFoto: (iStock)


Ya, lambang salib skandinavia ini sudah digunakan sekitar tahun 1370-an. Bahkan Dannerborg digunakan saat perang di lautan melawan Swedia.

Meski demikian, keaslian asal-usul bendera ini masih terus dipertanyakan. Buktinya Dannerborg juga ditiru oleh negara Nordik lainnya seperti Swedia, Norwegia, Finlandia dan Islandia.


(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA