Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Okt 2019 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ketika Kim Jong Un Datangi Kota Spa Korea Utara

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: KCNA
Foto: KCNA
Jakarta - Korea Utara kini punya resor sumber air panas baru yang juga akan jadi kota spa dan tempat destinasi wisata. Pemimpin Korut Kim Jong-Un pun datang dan menyebutnya sebagai destinasi sempurna.

Menurut media pemerintah Korut yang dikutip CNN.com, Kim melontarkan puja-puji terhadap Yangdok Country Hot Spring Resort yang baru saja direnovasi. Daerah itu sendiri juga sedang dikembangkan sebagai tujuan ski.

Kim menggambarkan kompleks Yangdok sebagai destinasi wisata sempurna, karena karakteristik geografis dan lingkungan alaminya. Di sana ada fasilitas gedung-gedung dan ada balkon melihat sumber air panasnya.

Ia menyebut "resor spa sempurna" Korea Utara ini sangat berbeda dengan yang dibangun Korea Selatan di Gunung Kumgang, "(dengan) arsitektur bisnis kapitalis yang hendak mengeruk keuntungan dari bangunan yang dibangun secara kasar."

Kim Jong Un Kunjungi Kota Spa yang Sempurna Milik KorutFoto: KCNA

Proyek Gunung Kumgang ditangguhkan pada 2008 ketika seorang turis Korea Selatan ditembak oleh Korea Utara setelah dia memasuki zona militer. Sebagian besar kawasan tidak tersentuh sampai digunakan tahun lalu untuk reuni sebuah keluarga yang terpisah puluhan tahun akibat zona demiliterisasi (DMZ) usai Perang Korea.

Reuni-reuni itu turut jadi bagian dari pemulihan hubungan antara Pyongyang dan Seoul. Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sempat berikrar untuk membuka kembali Gunung Kumgang segera setelah kondisinya memungkinkan.

Namun, dalam kunjungannya ke wilayah itu pada bulan ini, Kim Jong-un justru mengatakan fasilitas di sekitar gunung itu buruk dan tak memiliki karakter nasional sama sekali, hingga menganggap kawasan itu dibangun bak tenda darurat, seperti di daerah yang dilanda bencana atau ruang isolasi.



Simak Video "Kim Jong Un Pimpin Langsung Uji Coba Rudal "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA