Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2019 18:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Kemegahan Masjid Badshahi di Pakistan

Tasya Awlia
detikTravel
Masjid  Badshahi. Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Masjid Badshahi. Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Kemegahan Masjid Badshahi akan menghipnotis mata dengan keindahan dan arsitektur yang ada pada bagian masjid, serta halaman masjid yang sangat luas.

Badshahi yang dalam bahasa Persia berarti Masjid Sang Raja, dibangun pada 1673 Masehi oleh Raja Mughal Keenam bernama Raja Aurangzeb Alamgair putra Raja Shah Jahan, sang pembangun Taj Mahal. Kemegahan masjid ini bahkan terlihat dari hampir 10 mil jauhnya. Menurut situs Lahore City History, masjid ini pernah mendapat gelar yang terbesar di dunia selama 313 tahun, hingga akhirnya Masjidil Haram selesai diperluas tahun 1986.


Adapaun 5 Kemegahan Masjid Badshahi :

1. Menara Masjid

Menara Masjid Badshahi cukup tinggi, menara itu bahkan lebih tinggi 4,2 meter dari podium utama Taj Mahal. Terdapat 3 kubah besar berwarna putih serta 8 menara tinggi sekitar 60 meter di berbagai sudut masjid. Arsitektur yang berkarakter kuat, menantang sekaligus megah, hal itu disesuaikan dengan gelar Alamgir untuk Raja Aurangzeb yang berarti "Penakluk dunia.

2. Ruang Shalat

Ruang shalat dibagi menjadi 7 bagian, dengan menggunakan lengkungan multi-foil yang didukung oleh pilar-pilar berat. 3 diantaranya menanggung kubah ganda marmer putih, sedangkan 4 bagian lainnya ditutupi dengan kubah datar.

3. Dinding Masjid

Dinding Masjid Badshahi dibangun dengan bata-bata kecil yang dibakar, tetapi memiliki finishing batu pasir merah. Adapun lorong masjid yang memiliki gema suara yang unik, dan lorong tersebut berfungsi menjadi pondasi utama. Selain itu, ada bagian sudut masjid yang mampu mengirimkan suara ke setiap penjuru masjid. Hiasan ukiran ditambah ornamen di setiap sisi tembok membuat Masjid Badshahi semakin indah.

Masjid Badshahi di Pakistan.Masjid Badshahi di Pakistan. Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

4. Halaman Masjid

Ciri utama masjid adalah halaman luas persegi gang samping, 4 sudut menara, memproyeksikan penampungan ruang shalat, dan pintu masuk yang megah. Di bagian luar terdapat motif teratai dengan bebatuan tebal. Masjid ini memiliki kapasitas 55 ribu jamaah. Ada juga museum di dalam masjid sehingga pengunjung dapat meihat peninggalan menakjubkan dari masa lalu dan sejarah Islam.

5. Posisi Masjid

Posisi Masjid Badshahi cukup tinggi, karena bertujuan untuk menghindari banjir dari sungai Ravi, yang dulunya mengalir sangat dekat dengan Masjid Badshahi. Kaisar Mughal Alamgir Aurangzeb memerintahkan untuk memasang penghalang pada sungai, agar air tidak mengikis bangunan masjid, fakta yang terjadi saat ini aliran sungai Ravi menjauh dari Masjid Badshahi.

Arsitektur dan desain dari Masjid Badshahi hampir mirip dengan Masjid Jama di New Delhi, yang dibangun pada 1648. Desain masjid ini mendapat pengaruh Islam, Persia, Asia Tengah dan India.





Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA