Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 18:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pesona Kota Merah Jambu di Segitiga Emas India

Tim
detikTravel
Hawa Mahal di Jaipur. (Foto: iStock)
Hawa Mahal di Jaipur. (Foto: iStock)
Jakarta - Pink City. Demikian julukan kota Jaipur yang terletak di Segitiga Emas India. Kaya pesona dan sarat sejarah, begini gambaran Kota Merah Jambu itu.

Jaipur adalah salah satu kota di Rajasthan, India yang berada di dalam Golden Triangle (segitiga emas) jalur wisata India selain Delhi dan Agra. Akan terbentuk segitiga jika ditarik garis di antara ketiga kota.

Seperti dilansir jaipur-travel-guide.com, turis yang berkunjung ke Jaipur akan segera mendapati alasan di balik sebutan Pink City buat kota tersebut. Sebagian besar bangunan- bersejarah di Jaipur berwarna pink terakota.

Pesona Kota Merah Jambu di Segitiga Emas IndiaJaipur city palace. (Foto: iStock)

Disebutkan pula bahwa penyeragaman warna itu tidak lepas dari Maharaja Sawai Ram Singh, yang tercatat berkuasa di Jaipur pada periode 1835-1880. Konon, itu tak lepas dari strateginya untuk mengesankan Pangeran Albert dari Inggris.

Dikisahkan, pada tahun 1876 Pangeran Albert menyambangi seantero India dalam sebuah kunjungan resmi berdurasi panjang tanpa ditemani oleh istri tersayang, Victoria. Konon ia mulai lelah dan merasa kesepian dalam kunjungannya tersebut.

Hal itu coba dimanfaatkan oleh Maharaja Sawai Ram Singh. Usaha pertamanya adalah memastikan Pangeran Albert datang ke Jaipur, salah satunya dengan membangun sebuah gedung konser megah yang dinamai Albert Hall. Langkah ini sukses. Dengan Pangeran Albert sudah dipastikan datang ke Jaipur, Maharaja pun lantas mempercantik kotanya dengan mengecat ulang seluruh kota.

Pesona Kota Merah Jambu di Segitiga Emas IndiaAlbert Hall di Jaipur, kini menjadi museum. (Foto: iStock)

"Warna yang dipilih adalah pink terakota karena secara historis warna ini merupakan cerminan dari penyambutan dan keramahtamahan," sebut jaipur-travel-guide.com.

Kunjungan Pangeran Albert itu memang sudah berlalu lebih dari seabad tapi warna pink masih dominan sampai sekarang. Nah, menurut kisahnya, hal ini tidak lepas dari bujukan istri favorit Maharaja yang menginginkan Jaipur tetap bernuansa merah jambu -- warna favoritnya. Maharaja pun bertitah agar seluruh bangunan harus tetap berwarna pink pada 1877 dan efeknya masih terasa sampai kini.

Lantas, apa saja tempat wisata yang wajib didatangi untuk sepenuhnya menyerap pesona dan sejarah di Jaipur? Salah satu yang utama adalah Hawa Mahal, sebuah istana yang terbuat dari batu pasir.

Pesona Kota Merah Jambu di Segitiga Emas IndiaHawa Mahal di Jaipur. (Foto: Thinkstock)

Tempat berjuluk "Istana Angin" ini merupakan bangunan lima lantai yang dibangun pada 1799. Eksteriornya, yang memiliki 953 jendela kecil, dimiripkan dengan struktur sarang lebah. Sangat unik.

Dalam sejarahnya, Hawa Mahal digunakan sebagai istana tempat tinggal para putri raja dan putri bangsawan. Saat itu para kaum Hawa tak diperbolehkan keluar rumah sembarangan. Agar tak dan jenuh apalagi kudet (kurang apdet), dibuatlah ratusan jendela di sana.

Penyuka wisata sejarah yang datang ke Jaipur akan dimanjakan dengan keberadaan istana lain yakni Jal Mahal atau "Istana Air". Alasannya? Istana ini memang berada di tengah Danau Man Sagar. Tempat ini lazim jadi tempat turis menikmati keindahan matahari terbit.

Pesona Kota Merah Jambu di Segitiga Emas IndiaJal Mahal di Jaipur. (Foto: iStock)

Lain halnya dengan Nahargarh Fort, yang terkenal di kalangan wisatawan sebagai salah satu tempat favorit para pemburu senja. Berada di tepi Bukit Aravalli, Nahargarh Fort menghadirkan sunset cantik dengan pemandangan kota Jaipur dari ketinggian.

Kepincut dengan Kota Merah Jambu di India ini? Kamu bisa ke kota itu hanya dengan ikutan program tahunan yaitu tiket.com d'Traveler of the Year 2019. Ada kategori khusus "tiket.com's Choice" yang bisa mewujudkan impianmu ke India, termasuk Jaipur!

Informasi lebih lebih lanjut kunjungi travel.detik.com/tiketcom-doty2019






Simak Video "Kapal Wisata Terbalik di India, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA