Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 22:46 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Negara dengan Nama Terpendek di Dunia

Putu Intan
detikTravel
Machu Picchu di Peru. (Foto: iStock)
Machu Picchu di Peru. (Foto: iStock)
Jakarta - Tahu nggak apa saja negara-negara yang punya nama terpendek di dunia? Negara-negara ini namanya cuma terdiri dari 4 huruf saja lho. Yuk simak negara-negara itu.

Terhitung setidaknya ada 10 negara di dunia yang punya nama terpendek. Negara-negara itu adalah Chad, Togo, dan Mali di Afrika. Lalu Irak, Iran, dan Oman di Timur Tengah, Laos di Asia Tenggara, Fiji di Oceania, Kuba di Karibia, dan Peru di Amerika Selatan.

Dalam menentukan nama suatu negara, ada empat cara yang bisa dilakukan. Pertama berdasarkan posisi geografis yang berhubungan dengan negara lain atau batas wilayahnya.




Cara kedua adalah berdasarkan suku, etnis, atau kerajaan di wilayah itu. Ketiga adalah melalui fitur geografis di area itu dan yang keempat adalah menggunakan nama orang terkenal yang punya peran signifikan saat masa kemerdekaan atau dalam pembentukan negara.

Nah, kalau 10 negara dengan nama terpendek itu, bagaimana ya asal usul namanya?

1. Chad

Negara Chad memiliki nama resmi Republik Chad. Negara ini terletak di Afrika Tengah. Nama Chad berasal dari Danau Chad yang berada di bagian barat negara tersebut. Danau Chad merupakan sumber air terbesar di negara yang panas dan kering ini. Dalam bahasa Arab, Chad tertulis sebagai Tsad/Tsade yang artinya air yang luas atau dalam beberapa bahasa lokal berarti danau.

Chad merupakan negara bekas jajahan Prancis yang saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air dan dilanda bencana kelaparan. Posisi negara yang tertutup pasir Gurun Sahara membuat negara ini sulit mengembangkan pertanian. Oleh sebab itu, perekonomian negara ini bergantung dari minyak bumi, ternak, kapas, serta getah arab yang sejak dulu menjadi unggulan Chad.

2. Kuba

Negara Kuba merupakan pulau terbesar di Karibia. Penduduknya mencapai lebih dari 11 juta orang. Sebelum merdeka, Kuba merupakan wilayah jajahan Spanyol.

Nah, nama Kuba sendiri berasal dari masyarakat Taino Indian yang merujuk pada pulau Coabana yang berarti tempat yang bagus.




3. Fiji

Republik Fiji adalah negara kepulauan di Oceania atau Samudera Pasifik. Negara ini punya 322 pulau dimana pulau terbesarnya adalah Viti Levu dan Vanua Levu. Secara geografis, Fiji merupakan negara tropis yang dikelilingi pegunungan dan hutan tropis.

Nama Fiji berasal dari bahasa Tonga yang merujuk pada kepulauan yang menjadi rumah bagi orang-orang Fiji. Masyarakat lokal Fiji kerap menyebutnya sebagai Viti.

4. Iran

Iran atau Republik Islam Iran terletak di Timur Tengah atau Asia Barat yang dulunya disebut sebagai Persia. Nama Iran sendiri berasal dari istilah Avestan yaitu 'aryanam' yang berarti tanah para bangsawan.

Secara geografis Iran dikelilingi pegunungan seperti Pegunungan Kaukasus, Zagros, dan Alborz, gurun, Laut Kaspia, Teluk Persia, dan Teluk Oman. Kondisi geografis ini menyebabkan wilayah Iran punya iklim berbeda-beda. Daerah pegunungan memiliki suhu rendah dan bersalju sementara daerah lembah di bagian timur dan tengah beriklim kering. Selain itu daerah pesisir Teluk Persia dan Teluk Oman di selatan mengalami musim dingin yang sejuk serta musim panas yang lembab dan panas.




5. Irak

Sama seperti Iran, Republik Irak juga berada di kawasan Timur Tengah. Terdapat sejumlah pendapat yang menjelaskan asal-usul nama Irak. Ada yang mengatakan kalau Irak berasal dari 'uruk' atau 'erech' sebuah kota pada masa Sumeria dan Babilonia kuno yang letaknya di tepi Sungai Efrat.

Sementara itu, pendapat lainnya mengatakan Irak berasal dari bahasa Aram yang berarti tanah sepanjang tepian sungai. Irak juga dikatakan merujuk pada akar pohon palma yang banyak tumbuh di negara itu.

6. Laos

Laos atau nama lengkapnya adalah Republik Demokratik Rakyat Laos merupakan negara di Asia Tenggara yang tidak punya pantai. Meskipun begitu, Laos memiliki sungai besar seperti Sungai Mekong yang membuat daerah sekitarnya subur. Hal ini juga membuat Laos terkenal akan hasil pertanian dan perkebunannya.

Nama Laos sendiri berarti tanah orang Lao, penduduk asli dari negara tersebut. Dalam sejarahnya, Laos memang terkenal akan budaya masyarakatnya yang masih kental. Dari sisi pariwisata, Laos memiliki sejumlah destinasi sejarah dan budaya, salah satunya Pha That Luang yang merupakan monumen suci berbalut emas.

10 Negara dengan Nama Terpendek di DuniaPha That Luang di Laos. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

7. Mali

Mali merupakan negara yang terletak di Afrika Barat yang diapit daratan dan sahara. Mali dikenal sebagai negara yang punya sejarah Islam yang panjang. Negara ini didominasi penduduk Islam yang jumlahnya mencapai 12 juta jiwa dari 14,5 juta jiwa. Nama Mali berasal dari Kesultanan Mali yang berdiri pada abad ke-13 hingga 16 Masehi.

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika ke Mali adalah Djenne yang dikenal sebagai kota dengan arsitektur berlumpur. Kota ini juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

8. Oman

Kesultanan Oman memiliki asal-usul nama yang sudah disebut sejak 2000 tahun lalu yaitu Omana yang disebutkan Pliny the Elder pada abad ke-1 Masehi dan Omanon oleh Ptolemy pada abad ke-2 Masehi.

Negara ini terletak di Asia Barat Daya yang berbatasan dengan negara Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan Yaman. Salah satu kota yang wajib dikunjungi adalah Muscat dimana di sana terdapat Sultan Qaboos Grand Mosque yang menjadi salah satu masjid terbesar dan masjid utama Kesultanan Oman. Selain itu kota ini juga berbatasan dengan Teluk Oman sehingga bisa juga menikmati pantai Al-Qorum.

9. Peru

Republik Peru adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang dikenal sebagai asal muasal peradaban Inca. Situs Machu Picchu yang merupakan peninggalan Inca masih terjaga sampai saat ini dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Peru.

Nama Peru berasal dari kata Indian, Quechua yang menyiratkan tanah kelimpahan. Hal ini menunjukkan kekayaan ekonomi yang dihasilkan peradaban Inca yang kaya dan sangat terorganisir dalam memerintah wilayah itu selama berabad-abad.

10 Negara dengan Nama Terpendek di DuniaMachu Picchu di Peru. (Foto: Brent Stirton/Getty Images)

10. Togo

Republik Togo yang terletak di Asia Barat merupakan negara tropis dimana pertanian menjadi komoditas utamanya. Selain pertanian, Togo juga memproduksi bahan tambang yaitu fosfat dan menjadi produsen fosfat terbesar keempat di dunia.

Nama Togo sendiri berasal dari togodo yang berarti 'di belakang danau' yang merujuk pada Danau Togo yang terletak di Ewe. Pada mulanya, sebutan Togo disematkan untuk kota Togo (sekarang Togoville) di bagian utara Danau Togo tetapi nama itu akhirnya diperluas menjadi nama negara.




Simak Video "Naik Lagi, Utang Pemerintah Mencapai Rp 4.756 T"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA