Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Nov 2019 14:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terbius Keindahan Air Terjun Super Biru di New Zealand

Foto: Huka Fallas (Edwidhian Tri/detikcom)
Taupo - Soal keindahan alam, Selandia Baru sudah tidak perlu diragukan lagi. Di sana bahkan ada air terjun dengan air berwarna biru jernih dan alirannya sangat deras.

Selandia Baru tidak melulu soal Hobbitton, tempat syuting The Lord of The Rings. Di sana juga ada keindahan alam lain bernama Huka Falls, air terjun dengan air berwarna super biru nan cantik.


Tim detikcom bersama dengan Oppo Indonesia berkunjung ke Huka Falls beberapa waktu lalu. Huka Falls memang unik. Aliran airnya sangat deras. Debit airnya mencapai 220 ribu liter per detik. Bisa terbayang kan bagaimana derasnya aliran air terjun ini?

Aliran air yang sangat deras tersebut menginspirasi nama dari air terjun ini. 'Huka' dalam bahasa suku Maori memiliki arti 'Busa', merujuk pada gelembung-gelembung air yang terbentuk akibat derasnya aliran air terjun itu.

Terbius Keindahan Air Terjun Super Biru di New ZealandFoto: Edwidhian Tri/detikcom


Huka Falls terbentuk dari aliran Sungai Waikato, sungai terpanjang di Selandia Baru. Sungai ini jadi sumber air yang mengairi Danau Taupo, danau air tawar terbesar di kawasan Oceania.

Sebenarnya ada penjelasan ilmiah mengapa debit air terjun Huka Falls bisa sedemikian derasnya. Aliran Sungai Waikato sebenarnya memiliki lebar hingga 100 meter, namun ketika melewati Huka Falls, lebar sungai menyempit hingga tersisa 20 meteran saja. Di kanan-kirinya, dibatasi oleh tebing batu.

Terbius Keindahan Air Terjun Super Biru di New ZealandFoto: Edwidhian Tri/detikcom

Akibatnya seperti yang kita lihat sekarang, aliran air di Huka Falls jadi sangat deras. Seperti hukum Fisika, bila luas permukaan diperkecil, maka kecepatan aliran air akan makin deras pula.

Huka Falls ini terletak di dalam kawasan Wairakei Park. Lokasinya tak jauh dari Danau Taupo, hanya 5 menit naik mobil saja. Kalau memilih jalan kaki, waktu tempuhnya sekitar 30 menit saja.

Terbius Keindahan Air Terjun Super Biru di New ZealandFoto: Edwidhian Tri/detikcom

Traveler bisa mengabadikan keindahan Huka Falls dari atas jembatan yang membentang di atas derasnya aliran Sungai Waikato. Jangan lupa memotretnya menggunakan kamera Oppo Reno2 yang canggih dan punya fitur Ultra Wide Angle.


Nantikan kisah perjalanan kami selanjutnya di New Zealand bersama Oppo Reno2.

Simak Video "Detik-detik Pelaku Teror di Masjid Selandia Baru Mengaku Bersalah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA