Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Nov 2019 14:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pesona Agra, Kota yang Simpan Sejarah Kejayaan India

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Agra Fort merupakan peninggalan Raja Akbar dengan ciri khas tembok berwarna merah (Foto: iStock)
Agra Fort merupakan peninggalan Raja Akbar dengan ciri khas tembok berwarna merah (Foto: iStock)
Agra - India terkenal sebagai negara yang kaya akan warisan budaya. Salah satu tempat yang sarat sejarah kejayaan itu ada di Kota Agra.

Agra merupakan kota yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh, sekitar 200 kilometer dari ibu kota India, New Delhi. Kota yang terletak di tepi Sungai Yamuna ini adalah kota kuno yang dulunya menjadi ibu kota Kerajaan Mughal pada 1526 sampai 1658. Oleh sebab itu tak heran jika Agra memiliki berbagai situs warisan dunia.

Taj Mahal, situs yang menjadi ikon India, berdiri di sini. Bangunan yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO ini sebenarnya adalah makam istri Raja Mughal. Ia membangun bangunan megah bertema putih ini sebagai penghormatan dan wujud cintanya pada mendiang sang istri.




Untuk masuk ke area ini, wisatawan dikenakan biaya 1000 rupee atau sekitar Rp 200 ribu. Jika ingin memasuki bangunan utama, wisatawan akan diberikan sebotol air mineral dan pembungkus sepatu. Wisatawan juga harus antre yang dibagi menjadi dua jalur yaitu jalur laki-laki dan perempuan.

Selain bangunan utama, Taj Mahal juga punya berbagai spot menarik untuk dikunjungi seperti taman, kolam, dan tentunya makam Raja Mughal dan istrinya. Perlu diperhatikan, Taj Mahal ini tutup setiap Jumat.

Pesona Agra, Kota yang Menyimpan Sejarah Kejayaan IndiaTaj Mahal, situs warisan dunia yang terletak di Agra (Foto: iStock)

Selain Taj Mahal, wisatawan juga bisa mengunjungi situs sejarah yang lokasinya tak jauh bangunan itu yaitu Agra Fort. Benteng ini juga dikenal dengan nama Red Fort of Agra karena bangunan ini dibuat dari batuan pasir merah. Tembok-tembok benteng yang berwarna merah dengan arsitektur unik ini cocok untuk jadi spot berfoto.

Agra Fort merupakan bangunan vital pada masa Raja Akbar berkuasa. Benteng ini selesai dibangun pada 1573 namun sempat mengalami kerusakan pada saat Inggris menaklukkan India pada 1803.

Jika masuk ke Agra Fort, wisatawan akan melihat Jahangir Palace yang menjadi tempat tinggal wanita kerajaan pada masa itu. Nah, dari tempat ini wisatawan bisa melihat bangunan Taj Mahal.




Bagian selanjutnya dari bangunan yang juga tak kalah menarik adalah Diwan I Am yang dulunya digunakan sebagai tempat dialog antara raja dengan rakyatnya. Diwan I Am ini dikelilingi taman dengan hamparan rumput hijau yang ditata rapi.

Masih tak jauh dari Taj Mahal, tepatnya di seberang Sungai Yamuna ada taman bunga Mehtab Bagh yang luasnya mencapai 25 hektar. Asyiknya lagi, jika wisatawan malas berdesakan dengan pengunjung Taj Mahal, wisatawan tetap bisa melihat bangunan itu dari taman ini. Untuk masuk ke taman ini, cukup membeli tiket seharga 200 rupee atau sekitar Rp 40 ribu.

Bergeser sekitar 40 kilometer ke arah barat dari Kota Agra, ada situs warisan dunia lainnya yaitu Fatehpur Sikri. Istana yang menjadi lokasi syuting drama Jodha Akbar ini rupanya pernah menjadi ibu kota Kerajaan Mughal pada 1571.

Pesona Agra, Kota yang Menyimpan Sejarah Kejayaan IndiaFatehpur Sikri sempat menjadi ibu kota Kerajaan Mughal selama 15 tahun (Foto: iStock)

Fatehpur Sikri yang berarti kota kemenangan, dibangun Raja Akbar sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran puteranya sekaligus berhasil menguasai wilayah Gujarat. Sayangnya, kawasan ini hanya digunakan selama 15 tahun saja kemudian ditinggalkan.

Di area ini wisatawan akan menyaksikan kemegahan bangunan istana yang diberikan untuk ketiga istri raja, makam keluarga, dan Masjid Jama yang merupakan salah satu masjid terbesar di India.

Mau ke Agra untuk menyelami langsung wisata sejarah di India? Kamu bisa ke sana hanya dengan ikutan program tiket.com d'Traveler of the Year 2019. Ada kategori khusus "tiket.com's Choice" yang bisa mewujudkan impianmu ke India, termasuk Agra!

Informasi lebih lebih lanjut kunjungi travel.detik.com/tiketcom-doty2019



Simak Video "Tabrak Truk, Bus di India Terbakar Mewaskan 20 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA