Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Nov 2019 18:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jelajahi Uniknya Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa Filipina

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Puerto Princesa di Filipina (iStock)
Puerto Princesa di Filipina (iStock)
Puerto Princesa City - Filipina tak cuma punya El Nido sebagai wisata alam unggulannya. Ada pula Puerto Princesa yang terkenal akan sungai bawah tanahnya yang menakjubkan!

Sebagai ibu kota Palawan, Puerto Princesa terkenal sebagai kota terbersih dan terhijau se-Filipina. Keindahan dan keaslian alam yang masih terjaga juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.




Kalau liburan ke Puerto Princesa, kamu wajib mampir ke Puerto Princesa Subterran River Natural Park. Kawasan taman nasional seluas 22.202 hektar ini punya sungai bawah tanah sepanjang 8,2 km. Sungai ini pun dinobatkan sebagai sungai bawah tanah terpanjang di dunia. Untuk menjelajahi sungai ini kamu akan dipandu menggunakan perahu kecil.

Keunikan lainnya dari sungai ini adalah jernihnya air dan alirannya yang langsung mengarah ke Laut Cina Selatan. Hal itu menyebabkan setengah bagian bawah sungai ini mengalami pasang surut dan menjadi fenomena alam unik. Tak sampai di situ, pada 2010 lalu sejumlah ahli geologi dan aktivis lingkungan menemukan kalau sungai ini punya aliran sungai lainnya di atasnya yang dibuktikan dengan adanya air terjun dalam gua.

Sungai ini ada di dalam guaSungai ini ada di dalam gua (Getty Images)

Karena letak sungai ini ada di dalam gua, kamu juga bisa menikmati pemandangan gua kapur yang jarang bisa kamu lihat di tempat lain. Gua ini dihiasi stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami dari kandungan kalsium karbonat (kalsit) dari tetesan air dalam gua. Di dalam gua ini juga ada kubah gua yang panjangnya sekitar 360 meter dan tingginya 80 meter. Tapi hati-hati ya, kamu tidak boleh masuk terlalu dalam karena minimnya oksigen.

Dengan keunikan tersebut, UNESCO menetapkan sungai bawah tanah ini sebagai situs warisan dunia. Pada 2012, lokasi ini juga masuk dalam 7 keajaiban alam dunia versi New7Wonders.




Selain menjelajahi sungai dalam gua, di wilayah taman nasional ini kamu juga bisa melihat pemandangan jajaran batu kapur (karst) serta hutan purba. Tempat ini juga menjadi habitat berbagai spesies hewan seperti laba-laba raksasa, kepiting, ikan, dan 15 spesies burung endemik termasuk merak Palawan dan Tabon scrubfowl. Hewan langka yang dilindungi juga ada di sini seperti kura-kura hijau. Sebagaimana dilansir Independent Online (21/11/2019), jika ditotal ada sekitar 800 jenis tanaman dan 233 spesien hewan tinggal di sini.

Jika ingin ke Puerto Princesa, ada dua cara yang bisa dipilih yaitu menempuh jalur udara atau laut. Bila menempuh jalur udara ada beberapa maskapai yang membuka rute ke Puerto Princesa seperti AirAsia, Philippine Airlines, dan Cebu Pasific yang terbang setiap hari dari Manila, Cebu, dan Clark Angeles.

Sementara itu jika menempuh jalur laut, kamu akan naik feri dari Manila ke Puerto Princesa selama 29 jam. Kapal ini hanya berangkat dua kali seminggu.

Mau menjelajahi Puerto Princesa di Filipina? Kamu bisa ke sana hanya dengan ikutan program tahunan yaitu tiket.com d'Traveler of the Year 2019. Ada kategori khusus "tiket.com's Choice" yang bisa mewujudkan impianmu ke destinasi di Filipina, termasuk Puerto Princesa!

Informasi lebih lebih lanjut kunjungi travel.detik.com/tiketcom-doty2019







Simak Video "Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA